Sejarah Masuk dan Interaksi Islam dalam Multikulturalisme di Australia

  • Muhammad Shafwan Fauzan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Eko Ribawati
Keywords: Sejarah Islam, Multikultiralisme, Australia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sejarah Masuknya Islam di Australia dan Interaksi Islam dalam Mutikultural di Australia yang dimaksudkan sejarah disini pada penelitian ini adalah menjelaskan mengenai Sejarah Masuknya Islam di Australia dan Interaksi Islam dalam Multikulturalisme di Australia. Adapun kemudian metode penelitian ini sendiri ialah penelitian kepustakaan (Library Research) yang dilakukan dengan membaca sejumlah buku, jurnal, majalah dan sumber data lainnya guna menghimpun data dari berbagai literatur, baik itu buku dari perpustakaan ataupun di tempat-tempat lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui dan menganalisis masuknya islam di Australia serta mengetahui dan menganalisis interaksi islam dalam multikulturalisme di Australia. Hasil penelitian menunjukan bahwa masuknya islam ke Australia pertama kali dengan adanya nelayan yang berasal dari Makassar pada abad ke 17 M. Kaum Muslim Australia telah memperoleh suara dan identitas berkat kebijakan multikulturalisme ini. Mereka dapat dilihat dari aspek kekayaan dan keragaman mereka untuk mengetahui potensi dan kontribusi sebenarnya mereka untuk Australia.

References

Kabir, N. (2013). Muslim In Australia: Immigration, Race Relations, and Cultural History. Routledge
Nurdin, A. (2009). Pergulatan Kaum Muslim Minoritas Australia Islam Versus Multikulturalisme dan Sekularisme.
Saeed, A. (2003). Islam In Australia. Allen & Unwin
Safeí, A. A., Sarbini, A., Enjang AS, E. A., & Solahudin, D. (2017). Islam Indonesia di Australia kontribusi dakwah Komunitas Muslim Indonesia dan akseptansi masyarakat non-muslim Australia terhadap Mereka.
EKO RIBAWATI, M. (2023). Australia & Oceania Dalam Sejarah. Serang: Dedika Printing.
Ambiah, S., & Hamidah, D. N. (2019). PERAN KOMUNITAS MUSLIM AUSTRALIA DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI AUSTRALIA ABAD 20 M. Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, 7(1).
Rickard, J. (1996). Australia A Cultural History
Published
2024-04-27
How to Cite
Fauzan, M., & Ribawati, E. (2024). Sejarah Masuk dan Interaksi Islam dalam Multikulturalisme di Australia. Al-I’timad: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1), 57-74. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/alitimad.v2i1.1017
Section
Articles