Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak
Abstract
Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab utama dalam pendidikan anak-anak nya. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan pada tahun 2021 terdapat sebanyak 3.172.498 atau sebesar 4,79 persen keluarga yang ada di Indonesia telah mengalami konflik broken home atau orang tuanya tidak memperdulikan bagaimana tentang anaknya termasuk dalam hal pendidikan. Hal tersebut tentunya mempengaruhi perkembangan dalam belajar dan perilaku anak. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan Hasil dari penelitian ini adalah orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan semangat belajar seorang anak, mulai dari anak usia dini, sampai anak sudah beranjak dewasa. Salah satu cara untuk menjadikan anak semangat belajar adalah orang tua memfasilitasi kebutuhan anak untuk mengembangkan potensi dalam pendidikan.
References
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115–125.
Hasanah, U., & Raharjo, S. T. (2016). Penanganan kekerasan anak berbasis masyarakat. Social Work Jurnal, 1, 1–153.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81.
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.
Penelitian, M., & Tradition, A. F. (1998). A . Jenis dan Pendekatan Penelitian B . Sumber Data. Proses Kerja Kbl Dalam …, 27–32. https://repository.uin-suska.ac.id/50469/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf#page=47
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.
Sri Hikmayani, A., PERAN ORANGTUA MELALUI KEGIATAN PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK Suhati, P., & Charisma Islami, C. (2019). Fuge fun upaya pengenalan. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Waston, W., & Rois, M. (2017). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat). Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.6298
Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.