Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak

  • Nia Lailin Nisfah Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati, Indonesia
  • Dian Rismayanti Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati, Indonesia
  • Nurul Fatihatin Ilmi Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati, Indonesia
Keywords: Role of Parents, Learning Spirit, Childern's Leraning

Abstract

Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab utama dalam pendidikan anak-anak nya. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan pada tahun 2021 terdapat sebanyak 3.172.498 atau sebesar 4,79 persen keluarga yang ada di Indonesia telah mengalami konflik broken home atau orang tuanya tidak memperdulikan bagaimana tentang anaknya termasuk dalam hal pendidikan. Hal tersebut tentunya mempengaruhi  perkembangan dalam belajar dan perilaku anak. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan  Hasil dari penelitian ini adalah orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan semangat belajar seorang anak, mulai dari anak usia dini, sampai anak sudah beranjak dewasa. Salah satu cara untuk menjadikan anak semangat belajar adalah orang tua memfasilitasi kebutuhan anak untuk mengembangkan potensi dalam pendidikan.

References

A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun, M. A. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115–125.
Hasanah, U., & Raharjo, S. T. (2016). Penanganan kekerasan anak berbasis masyarakat. Social Work Jurnal, 1, 1–153.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81.
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.
Penelitian, M., & Tradition, A. F. (1998). A . Jenis dan Pendekatan Penelitian B . Sumber Data. Proses Kerja Kbl Dalam …, 27–32. https://repository.uin-suska.ac.id/50469/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf#page=47
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.
Sri Hikmayani, A., PERAN ORANGTUA MELALUI KEGIATAN PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK Suhati, P., & Charisma Islami, C. (2019). Fuge fun upaya pengenalan. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Waston, W., & Rois, M. (2017). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat). Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.6298
Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112.
Published
2023-05-31
How to Cite
Nisfah, N., Rismayanti, D., & Ilmi, N. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 41-48. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.770
Section
Articles