Penggunaan Media Gambar Huruf Abjad Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

  • Alvan Hazhari Universitas Bestari
  • Febriani Febriani Universitas Bestari
Keywords: Media Gambar, Perkembangan Bahasa, Huruf Abjad

Abstract

Media gambar huruf abjad merupakan  sebuah media yang dibuat dari kertas karton dan di tempel dengan beragam bentuk huruf abjad sehingga memberikan nuansa yang menarik bagi anak usia dini sedangkan  perkembangan bahasa yaitu kemampuan mengungkapkan sesuatu melalui mendengarkan dan memahami bahasa yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar huruf abjad untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan bahasa dengan menggunakan media gambar huruf abjad pada prasiklus prosentase 20%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama menjadi 30%, kemudian di siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 30% dengan jumlah skor yang mulai naik meskipun jumlah prosentasenya sama, kemudian di siklus ke II pertemuan satu meningkat menjadi 50%, dan di siklus yang ke II pertemuan ke dua meningkat menjadi  80% prosentasenya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar huruf abjad dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini.

References

Mentri Pendidikan Nasional. (2005) . Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 50 Tahun 2009 Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional
Moleong. J. Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana sujana, Ahmad Rivai. (2010). Media pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.
Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno. (2013). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rohani Ahmad. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rieneka Cipta.
Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 319-327.
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Santrok John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Airlangga.
Seefeld, Carol,Wasik, Barbara A. (2008) .Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat ,Lima Tahun Masuk Sekolah (Penerjemah ; Pius Nasar) Jakarta : PT Indeks
Sudjana. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suarifqi, Diantama. (2018) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Rahmat
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pernada MediaGroup.
Suharsimi, Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-05-31
How to Cite
Hazhari, A., & Febriani, F. (2023). Penggunaan Media Gambar Huruf Abjad Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 15-22. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.762
Section
Articles