Penggunaan Media Gambar Huruf Abjad Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Media gambar huruf abjad merupakan sebuah media yang dibuat dari kertas karton dan di tempel dengan beragam bentuk huruf abjad sehingga memberikan nuansa yang menarik bagi anak usia dini sedangkan perkembangan bahasa yaitu kemampuan mengungkapkan sesuatu melalui mendengarkan dan memahami bahasa yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar huruf abjad untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan bahasa dengan menggunakan media gambar huruf abjad pada prasiklus prosentase 20%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama menjadi 30%, kemudian di siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 30% dengan jumlah skor yang mulai naik meskipun jumlah prosentasenya sama, kemudian di siklus ke II pertemuan satu meningkat menjadi 50%, dan di siklus yang ke II pertemuan ke dua meningkat menjadi 80% prosentasenya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar huruf abjad dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini.
References
Moleong. J. Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana sujana, Ahmad Rivai. (2010). Media pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.
Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno. (2013). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rohani Ahmad. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rieneka Cipta.
Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 319-327.
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Santrok John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Airlangga.
Seefeld, Carol,Wasik, Barbara A. (2008) .Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat ,Lima Tahun Masuk Sekolah (Penerjemah ; Pius Nasar) Jakarta : PT Indeks
Sudjana. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suarifqi, Diantama. (2018) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Rahmat
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pernada MediaGroup.
Suharsimi, Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.