Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai
Abstract
Literasi di Indonesia yang masih rendah mengharuskan orang tua melek akan berbagai cara dalam meningkatkan minat literasi salah satunya melalui teknologi. Gadget yang merupakan teknologi multimedia dianggap sebagai media audio visual mampu menyentuh banyak indera. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis optimalisasi penggunaan gadget sebagai stimulasi kemampuan literasi anak usia 3-6 tahun. Metode yang digunakan yaitu kualitatif fenomenologis menggambarkan perasaan pengalaman beberapa Ibu yang berada di Kabupaten Kudus tentang konsep pengoptimalisasi kemampuan literasi melalui teknologi gadget. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan gadget dengan menontonkan video edukatif interaktif mampu menambah perbendaharaan kata pada anak. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwasanya melalui pemberian aplikasi edukatif berupa puzzle huruf, angka, simbol, serta tontonan video interaktif melalui gadget dapat menambah perbendaharaan kata dan pengetahuan baru bagi anak sehingga dalam penerimaanya lebih menarik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu, stimulasi yang tepat melalui teknologi gadget dapat mengoptimalisasi kemampuan literasi anak.
References
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7294
Aswat, H., G, N., & L, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V4i1.302
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 1–16.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan : Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Pustaka Pelajar.
Douglas, C. (1998). Young Children and Technology. Dalam Forum on Early Childhood Science, Mathematics, and Technology Education (hlm. 21).
Firda, A., & Suharni. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Nomor 5, hlm. 3868–3876). https://doi.org/10.31004/Obsesi.V6i6.1928
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (t.t.). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru Paud Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/Obsesi.V6i4.1657
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management.
Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. (2019). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 175–182. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138
Herdiansyah, H. (2015). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. Salemba Humanika.
Jalil, N., & Hawang, S. (2018). Penerapan Media Audio Visual (Lapotop) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 30–37.
Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun (Vol. 1, Nomor 1, hlm. 60–66).
Khoiri Alfian Nur. (2019). Efek Penggunaan Gadget Bagi Anak-anak. https://www.ayosemarang.com/read/2019/11/27/47946/efek-penggunaan-gadget-bagi-anak-anak.
Lindriany, J., Hidayati, D., & Nasaruddin, D. M. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35-49.
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis Dan Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V6i1.1707
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-Enhanced Learning and Teaching Methodologies through Audiovisual Media. Education Sciences, 9(1992), 3.
Puspasari, I. , & D. F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu.
Ramli, M. (2013). Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Pendidikan. Dalam Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. (Vol. 11, Nomor 19).
Retno, H. (2021). Miris, Minat Baca di Indonesia Menurut UNESCO Hanya 0,001 persen," portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com.
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun Untuk Belajar Dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/Obsesi.V6i4.1750
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. B. Widyasinta.
Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.











