Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini di Era Digital dalam Perspektif Al-Qur’an
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keresahan tentang akhlak atau perilaku anak usia dini di era digital. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode library reseach. Penelitian ini terdiri dari identifikasi masalah secara sistematis, analisis dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kajian tentang pendidikan karakter religius prespektif Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan normative. Anak-anak yang mempunyai dasar pendidikan karakter religius yang kuat diharapkan tidak mudah terbawa oleh arus negatif perkembangan teknologi. Allah telah berfirman dalam surat Al Hujarat ayat 11-13. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah melarang orang menggunjing, menghina dan mencela satu sama lain. Penanaman pendidikan karakter dapat menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan. Dengan penanaman pendidikan karakter religius sejak dini diharapkan anak-anak mampu menghadapi tantangan di era 4.0.
References
Andri Kurniawan dkk. (2022). Metode Pembelajaran di Era Digital 4.0. Global Eksekutif Teknologi.
Azizah, N. (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/41949/
Benny Prasetiya. (2021). Metode pendidikan Karakter Religius Paling Efektif Di Sekolah. Academia Publication.
Cahyono, H. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER: STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS. Riayah : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(02), Art. 02.
Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34
Haryati, S. (t.t.). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. Indrianto Setyo Bashori. (t.t.). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Era Digital Dengan Google Suite. Ahlimedia press.
Mestika Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital | Triyanto | Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. (t.t.). Diambil 19 Desember 2022, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/35476/pdf
Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an | Ikhwan | Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman. (t.t.). Diambil 19 Desember 2022, dari https://jurnalptiq.com/index.php/mumtaz/article/view/17/16
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Art. 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Pusat kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Puskurbuk.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Sukiman dkk. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak Di Era Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Surat Al-Hujurat Ayat 11—18 dengan Tafsir dan Terjemahannya • Ibn Othman. (t.t.). Diambil 19 Desember 2022, dari https://ibnothman.com/quran/surat-al-hujurat-dengan-terjemahan-dan-tafsir/2
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1(1), Art. 1.
Zulkifli dkk. (2022). Konsep Dasar Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Deepublish.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.