Pengembangan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini

  • Fani Raihan Fadilah Piaud
Keywords: Pengembangan Lembaga, Manajemen Sarana Prasarana, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini meliputi proses manajemen sarana dan prasarana yang terdiri dari perencanaan kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penghapusan, dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan dilakukan dengan cara analisis kebutuhan yang dilakukan dengan cara menampung semua usulan pendidik, tenaga pendidik dan wali murid yang dilakukan melaui rapat setiap semester. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dari pencairan dana BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) Pendidikan Anak Usia Dini. (3) Inventarisasi dilakukan pencatatan barang setiap penerimaan sarana dan prasarana namun, dalam proses pencatatan kurang memperhatikan tata cara penulisan dalam buku inventarisasi. (4). Penyimpanan sarana dan prasarana tidak dibuatkan daftar nama barang namun, sarana dan prasarana di PAUD Plamboyan sesuai dengan materi dan karakteristik Anak Usia Dini. (5). Pemeliharaan dilakukan oleh pendidik, dan tenaga pendidik. (6). Penghapusan sarana dan prasarana yang dilakukan di PAUD Plamboyan berupa penimbunan kolam renang dan penghapusan mangkuk putar. (7). Pengawasan sarana dan prasarana di PAUD Plamboyan dilakukan oleh semua pihak seperti pendidik, tenaga pendidik, dan wali murid.

References

Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bafadal, I. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga
Hasibuan. (2006). Manajemen (Dasar, Konsep, dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.
Ika Lestari, A. T. (2015, Maret). Manajemen Sarana dan Prasarana di Pendidikan Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan, 24(5), 377.
Kemendikbud, D. P. (2014). Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini.
Milles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis: Method Sourcebook. Sage.
Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syarbini, J. J. (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Subijanto. (2016, Juni). Lembaga PAUD di Lingkungan Perumahan untuk Penyebaran Akses dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 11(1).
Sulasminten. (t.thn.). Pengadaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2.
Published
2023-05-31
How to Cite
Fadilah, F. (2023). Pengembangan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 61-68. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.589
Section
Articles