Pengembangan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini meliputi proses manajemen sarana dan prasarana yang terdiri dari perencanaan kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penghapusan, dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan dilakukan dengan cara analisis kebutuhan yang dilakukan dengan cara menampung semua usulan pendidik, tenaga pendidik dan wali murid yang dilakukan melaui rapat setiap semester. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dari pencairan dana BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) Pendidikan Anak Usia Dini. (3) Inventarisasi dilakukan pencatatan barang setiap penerimaan sarana dan prasarana namun, dalam proses pencatatan kurang memperhatikan tata cara penulisan dalam buku inventarisasi. (4). Penyimpanan sarana dan prasarana tidak dibuatkan daftar nama barang namun, sarana dan prasarana di PAUD Plamboyan sesuai dengan materi dan karakteristik Anak Usia Dini. (5). Pemeliharaan dilakukan oleh pendidik, dan tenaga pendidik. (6). Penghapusan sarana dan prasarana yang dilakukan di PAUD Plamboyan berupa penimbunan kolam renang dan penghapusan mangkuk putar. (7). Pengawasan sarana dan prasarana di PAUD Plamboyan dilakukan oleh semua pihak seperti pendidik, tenaga pendidik, dan wali murid.
References
Bafadal, I. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga
Hasibuan. (2006). Manajemen (Dasar, Konsep, dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.
Ika Lestari, A. T. (2015, Maret). Manajemen Sarana dan Prasarana di Pendidikan Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan, 24(5), 377.
Kemendikbud, D. P. (2014). Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini.
Milles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis: Method Sourcebook. Sage.
Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syarbini, J. J. (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Subijanto. (2016, Juni). Lembaga PAUD di Lingkungan Perumahan untuk Penyebaran Akses dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 11(1).
Sulasminten. (t.thn.). Pengadaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.