Pengaruh Permainan Lompat Abjad Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RAM NU 146 Miftahul Ulum Wringinanom Gresik

  • Ana Isnainiyah Institut Al Azhar Menganti
  • Umi Masturoh Institut Al Azhar Menganti Gresik
Keywords: Permainan Lompat Huruf, Perkembangan Bahasa Anak, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini merupakan anak yang berusia 0-6 tahun yang memasuki masa emas dimana anak mulai menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan. Permainan lompat abjad merupakan mainan untuk mengenalkan huruf abjad (A-Z) pada anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan survei bahwa perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun masih rendah, diketahui bahwa ada beberapa indikator kemampuan perkembangan bahasa anak yang belum diketahui. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan permainan lompat abjad pada anak usia 4-5 tahun 2) untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun 3) untuk mengetahui pengaruh permainan lompat abjad terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan lompat abjad dilakukan sesuai tahapan. Terbukti pula bahwa hasil perkembangan bahasa santri RAM NU 146 Miftahul Ulum setelah menggunakan permainan lompat abjad memperoleh nilai rata-rata 18,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Pada uji hipotesis diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan lompat huruf memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di RAM NU 146 Miftahul Ulum Wringinanom Gresik.

References

Aswinda Dewi, Meyta. “Penerapan Permainan Loncat Alfabet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Gelombang Kabupaten Tulungagung”, Thesis (Universitar Negri Malang, Juli 2018), diakses pada 31 Januari 2024, 1-90.

Dimyati dan Mudjjiono, “Belajar dan pembelajaran”, ( Jakarta : Rinerka Cipta, 2002), 4.

Duli, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi &Analisis Data Dengan SPSS, 111.

Harisni, Asni. “Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Diperhatikan?,” 11 Februari 2020, diakses pada 3 Februari 2024.

Huliyah, Muhiyatul. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini,” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 01 (2016): 60–71.

Imani Khan, Rosa. “Mengenal Huruf Melalui Loncat Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun”, Nusantara of Research. Vol.02, No.02. (2015), 157-164.

John W. Reserch Design Qualitative & Quantitative Approaches. (London: Sage Publications, 1994).

Khairi, Usnuzziadatul .“Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun,” Jurnal Warna, Vol. 2, No. 2 (2018): 15–28.

Khaironi, “Perkembangan Anak Usia Dini”, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2020), 5.

Nurani Sujiono,Yuliani .Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media, 2009), 144.

Permendikbud_147

Pupung Puspa Ardini dan Nanik Lestariningrum, Bermain danPermainan Anak Usia Dini (Nganjuk: CV Adjie media nusantara, 2018), 6.

Rahmawati Talango, Siti. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini,” Early Childhood Islamic Education Journal, Vol. 1 No. 1 (25 September 2020): 93–107.

Rahmawati Talango, Siti. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini,” (Bandung: CV Pranada, 2019), 10.

Resdasari Prasetyo, Anggun Dian Veronika Sakti Kaloeti, Amalia Rahmadani, dkk, Buku Ajar Metodologi Penelitian Eksperimen, (Semarang: Fakultas Psikologi Universitas diponegoro, 2020), 189.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. (Prenadamedia Group: Jakarta,2015)

Sudarmanto, Eko. Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif (Yayasan Kita Menulis, 2021), 141.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2015), 61.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), 124.

Sumi Yati, Sumi. “Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini”, Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini. Vol. 1 No.1 (10 November 2018): 18-36.

Susanto, Ahmad. “Perkembangan Anak Usia Dini”, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014), 76.
Published
2025-05-30
How to Cite
Isnainiyah, A., & Masturoh, U. (2025). Pengaruh Permainan Lompat Abjad Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RAM NU 146 Miftahul Ulum Wringinanom Gresik. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 29-38. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i1.1387
Section
Articles