Pengaruh Permainan Lompat Abjad Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RAM NU 146 Miftahul Ulum Wringinanom Gresik
Abstract
Anak usia dini merupakan anak yang berusia 0-6 tahun yang memasuki masa emas dimana anak mulai menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan. Permainan lompat abjad merupakan mainan untuk mengenalkan huruf abjad (A-Z) pada anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan survei bahwa perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun masih rendah, diketahui bahwa ada beberapa indikator kemampuan perkembangan bahasa anak yang belum diketahui. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan permainan lompat abjad pada anak usia 4-5 tahun 2) untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun 3) untuk mengetahui pengaruh permainan lompat abjad terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan lompat abjad dilakukan sesuai tahapan. Terbukti pula bahwa hasil perkembangan bahasa santri RAM NU 146 Miftahul Ulum setelah menggunakan permainan lompat abjad memperoleh nilai rata-rata 18,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Pada uji hipotesis diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan lompat huruf memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di RAM NU 146 Miftahul Ulum Wringinanom Gresik.
References
Dimyati dan Mudjjiono, “Belajar dan pembelajaran”, ( Jakarta : Rinerka Cipta, 2002), 4.
Duli, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi &Analisis Data Dengan SPSS, 111.
Harisni, Asni. “Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Diperhatikan?,” 11 Februari 2020, diakses pada 3 Februari 2024.
Huliyah, Muhiyatul. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini,” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 01 (2016): 60–71.
Imani Khan, Rosa. “Mengenal Huruf Melalui Loncat Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun”, Nusantara of Research. Vol.02, No.02. (2015), 157-164.
John W. Reserch Design Qualitative & Quantitative Approaches. (London: Sage Publications, 1994).
Khairi, Usnuzziadatul .“Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun,” Jurnal Warna, Vol. 2, No. 2 (2018): 15–28.
Khaironi, “Perkembangan Anak Usia Dini”, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2020), 5.
Nurani Sujiono,Yuliani .Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media, 2009), 144.
Permendikbud_147
Pupung Puspa Ardini dan Nanik Lestariningrum, Bermain danPermainan Anak Usia Dini (Nganjuk: CV Adjie media nusantara, 2018), 6.
Rahmawati Talango, Siti. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini,” Early Childhood Islamic Education Journal, Vol. 1 No. 1 (25 September 2020): 93–107.
Rahmawati Talango, Siti. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini,” (Bandung: CV Pranada, 2019), 10.
Resdasari Prasetyo, Anggun Dian Veronika Sakti Kaloeti, Amalia Rahmadani, dkk, Buku Ajar Metodologi Penelitian Eksperimen, (Semarang: Fakultas Psikologi Universitas diponegoro, 2020), 189.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. (Prenadamedia Group: Jakarta,2015)
Sudarmanto, Eko. Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif (Yayasan Kita Menulis, 2021), 141.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2015), 61.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), 124.
Sumi Yati, Sumi. “Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini”, Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini. Vol. 1 No.1 (10 November 2018): 18-36.
Susanto, Ahmad. “Perkembangan Anak Usia Dini”, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014), 76.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.