Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Ragam Aktivitas Ramadhan
Abstract
Pendidikan anak sejak dini di momentum bulan Ramadhan menjadi bagian penting dari penanaman nilai agama dan moral oleh para pendidik dan orang tua kepada anak. Apalagi setiap anak kerap memiliki kenangan Ramadhan di masa kecil, maka sudah seyogyanya, anak mulai diberikan pemahaman tentang bulan Ramadhan. Tujuan dalam penelitian ini adalah memberikan ragam aktivitas Ramadhan, metode pengembangan nilai agama dan moral, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang peneliti pakai adalah jenis metode kualitatif, dengan pendekatan fenomonologi yang cara penggalian datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada beberapa sumber data, dan langkah selanjutnya yakni dilakukannya analisis data dari Miles dan Huberman disertai dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam aktivitas Ramadhan dalam rangka mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia dini yakni melalui kegiatan pesantren kilat, pembiasaan berjabat tangan, pembiasaan membaca doa sebelum belajar, kegiatan simak baca doa berwudhu, praktek gerakan sholat, pengenalan bacaan surat dan doa-doa pendek serta hadist sehari-hari, pembiasaan berinfaq dan sedekah, kegiatan read aloud, menonton tayangan religi tentang Ramadhan, berbagi takjil, kunjungan ke panti asuhan, zakat fitrah. Metode yang digunakan dalam pengembangan nilai agama dan moral berupa metode demonstrasi, metode keteladanan, metode bercerita, dan metode pemberian nasihat. Faktor pendukung salah satunya adanya kurikulum terpadu satuan tentang Ramadhan, lingkungan satuan pendidikan yang kondusif, tata tertib dan SOP, dan fasilitas pendukung lainnya yang memadai. Adapun faktor penghambatnya internal (terbatasnya media edukasi) dan eksternal (lingkungan keluarga).
References
Agama Islam/ Akhlak). Jurnal Literasiologi, 3(4).
Anggraini, W., & Syafril, S. 2018. Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak
Usia Dini. UIN Raden Intan Lampung.
Conny Semiawan. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini: pendidikan
Prasekolah dan Dasar. Jakarta: Prenhalindo
Elizabeth G. Hainstock. 1999. Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah.
Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Lexy J. Moleong. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masturoh, U., Rahmah, F., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai Agama Dan
Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Montessori Di Ra Nurul Huda
Kemuning. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 4 (1), 1-9.
https://doi.org/10.31538/aulada.v4i1.2285.
Masturoh, Umi., Wulandari, Fitrianti., Maharani, Jessica F. 2022. Pengaruh Alat
Permainan Edukatif Alphabet Dominoes Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf
Pada Anak Kelompok A di RA Ihyaul Ulum Kecamatan Kedamean Gresik. KIDDO:
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1.
https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/4795
Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka
Cipta
M. Ali, M. 2016. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini. Jurnal
Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190.
https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605.
Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. 2021. Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah
Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen,
Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 88–99.
Setiawan, A. 2012. Model Pembelajaran Pesantren Kilat dalam Menanamkan Nilai-Nilai
Moralitas pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Salatiga. INFERENSI Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 6, 275– 300.
Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Jakarta: universitas Terbuka.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta, 2017..
Syaifi, M. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ibadah Puasa Ramadhan. Jurnal
Tarbawi, 7, 1–29.
Syaikhon, M. 2017. Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Taam
Adinda Kepatihan Menganti Gresik. Education and Human Development Journal, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.33086/ehdj. v3i1.91
Tholkhah, Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta: Mitra
Abadi Press.
Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.