Pendampingan Literasi Menulis Berbasis Proyek di SD Penggerak
Abstract
This Community Service aims to create and foster a culture of writing literacy in elementary school students. The method applied is a mentoring method with an Asset Based Community Development (ABCD) approach. The writing literacy assistance in this program focuses on two projects: wall magazines and student bulletins. Participants in this assistance and service were teachers and students at the Penggerak Elementary School (SD), Rejoagung Trangkil. The program of community assistance is divided into four activities which involves Training of Trainers (ToT), Writing Literacy Action Plan (RALMe), School Publication Plan (RPS), and Project Based Literacy Assistance in schools (PLBP). The results obtained were the realization of a project-based writing literacy program and the publication of wall magazines and bulletins at SD 01 Rejoagung.
References
Gusti, I., & Santika, N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377
Kemendikbud. 2021. Program Sekolah Penggerak. Jakarta.
Muhammad Arif, Dkk. 2022. “Peran Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Menulis Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo Jawa Timur.” Didaktika 22(1).
Nilayani, Sang Ayu Putu. 2019. “Membaca Teks Berbahasa Bali Dalam Gerakan Literasi Nasional Pada Pembelajaran Berbasis K13.” Lampuhyang 10(2): 55–68.
Nurjani. 2018. “Literasi Pada Pembelajaran Menulis Bagi Anak Sekolah Dasar.” 3rd International Conference on Education 2018 Teachers in the Digital Age Vol 3: 235.
Pappas, Christine C. Et all. 1995. An Integrated Language Perspective in Elementary School. Toronto: Lonman.
Saddhono, Kundaru dan ST. Y, Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori Dan Aplikasi). Bandung: CV. Karya Putra Darwati.
Semi, Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sukmawaty, Sukmawaty et al. 2023. “Pendampingan Literasi Menulis Siswa SD 637 Bonglo Melalui Kemah Literasi.” Madaniya 4(2): 567–73.
Thompkins, G. E. 1994. Teaching Witing Balancing Process and Product. New York: MacMillan College Publishing Company.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.