Optimalisasi Perpustakaan dan Penguatan Literasi bagi Siswa SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya

  • Kusrini Oktaviani IAIN PALANGKA RAYA
  • Nanik Yulianingsih
  • Nurul Wahdah
  • Siminto Siminto
  • Hesty Widiastuty
Keywords: Optimalisasi Perpustakaan, Penguatan Literasi, Gerakan Literasi Sekolah

Abstract

Covid-19 yang melanda seluruh dunia mneyebabkan perubahan yang cukup besar. Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya yang tidak dirawat akibat Work from Home membuat perpustakaan menjadi kumuh. Buku banyak yang rusak dan tak layak baca karena dimakan rayap. Beberapa sarana juga rusak, salah satunya adalah rak buku yang rapuh. Penulis melakukan pengabdian ini dengan tujuan meremajakan perpustakaan dan penguatan literasi sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Case Based Reasoning dengan melakukan empat tahap a) pendeskripsian, b) mencari perbedaan masalah sebelumnya dan masalah sekarang, c) evaluasi masalah sebelumnya, danĀ  d) penerapan solusi. Hasil dari peremajaan perpustakaan ini diantaranya, perpustakaan menjadi lebih rapi, terarah, dan tumbuhnya minat siswa mengunjungi perpustakaan untuk membaca, mengerjakan tugas, dsb. Penguatan literasi sekolah dilakukan dengan sosialisasi. Sasaran sosialisasi ini adalah IPM SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya yang selanjutnya menjadi kader Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

References

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya. 2021. Rencana Strategis Perubahan (Renstra Perubahan) Tahun 2018-2023. Palangka Raya
Fadhli, Rahmat, dkk. 2021. Manajemen Perpustakaan Sekolah; Teori dan Praktik. Jawa Tengah: Pena Persada. Hal.24
Intaniasari, Yossinta & Ratnasari Dyah Utami. 2022. Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dan pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal. Vol. 6 (3). Hal 4987-4998
Kusumaningrum, dkk. 2019. Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal. Vol.2 (3) Hal. 164-169
Mardiani, Nella dan Sri wahyuni. 2022. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar. Jurnal. Vol. 1 (1). Hal. 9
Nafisah, Aliyatin. 2014. Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat baca Masyarakat. Jurnal. Vol. 2 (2).
Nur, Yohani Setiya Rafika, dkk. 2022. Sistem pakar deteksi penyakit bawang merah dengan Metode Case Based Reasoning. Jurnal. Vol.6 (3). Hal. 1357
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta Pusat:Perpustakaan Nasional RI
Superman. 2019. Penguatan Literasi Sekolah. Jurnal. Vol. 3 (2) Hal.230-140
Syam, Rifqi Zaeni Achmad, dkk. 2021. Perpustakaan Sekolah sebagai sumber Informasi Guru dalam meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Jurnal. Vol. 5 (1). Hal.163
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan
Published
2023-06-30
How to Cite
Oktaviani, K., Yulianingsih, N., Wahdah, N., Siminto, S., & Widiastuty, H. (2023). Optimalisasi Perpustakaan dan Penguatan Literasi bagi Siswa SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 33-42. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v2i1.666
Section
Articles