Optimalisasi Perpustakaan dan Penguatan Literasi bagi Siswa SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya
Abstract
Covid-19 yang melanda seluruh dunia mneyebabkan perubahan yang cukup besar. Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya yang tidak dirawat akibat Work from Home membuat perpustakaan menjadi kumuh. Buku banyak yang rusak dan tak layak baca karena dimakan rayap. Beberapa sarana juga rusak, salah satunya adalah rak buku yang rapuh. Penulis melakukan pengabdian ini dengan tujuan meremajakan perpustakaan dan penguatan literasi sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Case Based Reasoning dengan melakukan empat tahap a) pendeskripsian, b) mencari perbedaan masalah sebelumnya dan masalah sekarang, c) evaluasi masalah sebelumnya, danĀ d) penerapan solusi. Hasil dari peremajaan perpustakaan ini diantaranya, perpustakaan menjadi lebih rapi, terarah, dan tumbuhnya minat siswa mengunjungi perpustakaan untuk membaca, mengerjakan tugas, dsb. Penguatan literasi sekolah dilakukan dengan sosialisasi. Sasaran sosialisasi ini adalah IPM SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya yang selanjutnya menjadi kader Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
References
Fadhli, Rahmat, dkk. 2021. Manajemen Perpustakaan Sekolah; Teori dan Praktik. Jawa Tengah: Pena Persada. Hal.24
Intaniasari, Yossinta & Ratnasari Dyah Utami. 2022. Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dan pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal. Vol. 6 (3). Hal 4987-4998
Kusumaningrum, dkk. 2019. Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal. Vol.2 (3) Hal. 164-169
Mardiani, Nella dan Sri wahyuni. 2022. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar. Jurnal. Vol. 1 (1). Hal. 9
Nafisah, Aliyatin. 2014. Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat baca Masyarakat. Jurnal. Vol. 2 (2).
Nur, Yohani Setiya Rafika, dkk. 2022. Sistem pakar deteksi penyakit bawang merah dengan Metode Case Based Reasoning. Jurnal. Vol.6 (3). Hal. 1357
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta Pusat:Perpustakaan Nasional RI
Superman. 2019. Penguatan Literasi Sekolah. Jurnal. Vol. 3 (2) Hal.230-140
Syam, Rifqi Zaeni Achmad, dkk. 2021. Perpustakaan Sekolah sebagai sumber Informasi Guru dalam meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Jurnal. Vol. 5 (1). Hal.163
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.