Pendampingan Basic Arabic Club Pada Anak Usia Dini Di Desa Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai Kota Palangka Raya

  • Ahmad Umar Faruq IAIN Palangka Raya
  • Nurul Wahdah
  • Muslimah Muslimah
Keywords: Kata Kunci: Basic Arabian Club, Pendampingan, Bahasa Arab

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an dan Hadits. kewajiban mempelajarinya bagi setiap umat muslim agar dapat memahami Al-Quran dan Hadits secara baik dan benar. Tetapi,  bahasa Arab kini kurang diminati karena  kesukarannya yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya. Seperti yang terjadi pada masyarakat Desa Sidomulyo,  Kelurahan Tumbang Tahai, Kota palangka Raya. Keterbatasan SDM juga menjadi kendala tambahan dalam mempelajari bahasa Arab. Pengabdian ini bertujuan memberikan pendampingan dalam pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar  kepada anak-anak di Desa Sidomulyo,  Kelurahan Tumbang Tahai, Kota palangka Raya untuk menumbuhkan minat dan memberikan pemahaman pentingnya mempelajari bahasa Arab. Pendampingan ini dilakukan dengan membentuk sebuah program pembelajaran bahasa Arab yang dinamakan basic Arabic Club. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah dengan metode service learning. Dari hasil pendampingan yang dilakukan selama tiga minggu melalui program basic Arabic club Nampak adanya peningkatan minat dan pengetahuan basic bahasa Arab terhadap peserta didik. Peserta didik dapat menghafal dan mengaplikasikan kosa kata bahasa Arab, memahami beberapa materi dasar Nahwu dan Shorof, dapat menulis Arab dengan baik dan memiliki peningkatan minat Seperti keinginan mereka untuk masuk pesantren guna mendalami bahasa Arab.

References

Aprizal, A. P. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. JUrnal Pendidikan Guru, 2(Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru), 87–93. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.232
Arifin, M. A., & Sukandar, S. (2021). PENTINGNYA BAHASA ARAB BAGI UMAT ISLAM DI PEDESAAN. Al’Adalah, 24(1), 11–17. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.44
Aziz, A. (2019). Keragaman Islam di Indonesia. Guepedia.
Faridah, L. U. (2017). PENGENALAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK SEJAK DINI. Un Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3.3, 9.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147–160. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2282
Ifit Novita Sari, & Hayat, H. (2021). Service Learning Klinis Artikel Ilmiah Guru yang Akan Mengajukan Kenaikan Pangkat Jabatan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7985
Islam, A. M. S. (2015). FAKTOR DEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF SISWA MADRASAH. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1511
Mohtar, I. (2019). Problematika Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat. www.penerbituwais.com
Muradi, A. (2016). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Dalam Perspektif Komunikatif. KENCANA. www.prenadamedia.com
Muzakki, A., & Muksin, N. N. (2021). MENGEDUKASIKAN HIKMAH DAN MANFAAT JIKA RUTIN DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA RUANG LINGKUP REMAJA MASJID RW 08, KP. KEBANTENAN, PONDOK AREN, TANGERANG SELATAN. 6.
Published
2022-12-27
How to Cite
Faruq, A., Wahdah, N., & Muslimah, M. (2022). Pendampingan Basic Arabic Club Pada Anak Usia Dini Di Desa Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai Kota Palangka Raya. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 131-144. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v1i2.476
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)