Peningkatan Pemasaran UMKM Kopi melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing
Abstract
Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) are one form of business activity that can expand employment opportunities and provide economic benefits with a wide scope to the community. This Community Service Activity aims to Increase the marketing of coffee MSMEs through digital marketing in Tempur Village, Keling District, Jepara Regency. In addition, for branding Tempur Coffee. The community service approach is carried out using the PLA (Participatory Learning and Action) approach method. With the assets that have been owned in the form of human resources (HR) in the form of coffee producers or MSMEs that are collected in the coffee cluster community of Tempur Village, Keling District, Jepara Regency.
References
Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis dalamStrategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. EKSYAR :Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam (e-Journal), 8(2), Article 2.
Hastuti, Puji, Agus Nurofik, Agung Purnomo, Abdurrozzaq Hasibuan, Handy Aribowo, Annisa Ilmi Faried, and others, KEWIRAUSAHAAN DAN UMKM, ed. by Alex Rikki, Cetakan 1 (medan: Yayasan Kita Menulis, 2020)
https://www.kominfo.go.id/content/detail/47689/siaran-pers-no-28hmkominfo032023-tentang-kembangkan-ekonomi-digital-indonesia-butuh-talenta-digital-berkualitas/0/siaran_pers (pada tanggal, 20 Desember 2023, pukul 10.30)
Ivonne Ayesha, I Wayan Adi Pratama, Syahril Hasan, Amaliyah, Nur Ika Effendi, Tri Yusnanto, and others, DIGITAL MARKETING (TINJAUAN KONSEPTUAL), ed. by Riyanto Wujars (padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2022)
Oktafiyani, F & Rustandi, D (2018). Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20
Rongiyati, S. (2018) ‘Protection of The Intellectual Property Rights on Creative Economic Products’, Negara Hukum, 9(1), pp. 39–58. doi: 10.22212/jnh.v9i1.1001.
Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015 pp. 633-651
Weber. L (2009) Marketing to The Social Web : How Digital Customer Communities Build Your Business. Canada : John Wiley & Sons, Inc.
Widyaningrum, P.W & Bharata, W (2017). Workshop Internet Dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Kelompok Pengusaha Muda Ponorogo. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ADIMAS vol.1 no. 1.Maret.Tahun 2017.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.