Mengenal Pengelolaan Keuangan Sejak Usia Dini
Abstract
Kehidupan manusia tidak terlepas dari fungsi manusia sebagai makhluk sosial. Manusia membutuhkan berinteraksi dengan orang lain dalam menjalani rutinitas kehidupannya. Interaksi tersebut dapat berupa transaksi, baik itu jual beli maupun transaksi keuangan yang lain. Bertransaksi meskipun tidak memerlukan keahlian khusus, dan setiap orang mampu melakukannya, namun dengan mengetahui pengelolaan keuangan yang baik, cermat dan bijak, akan menghasilkan sebuah transaksi yang efisien dan baik pula.
Pengelolaan keuangan perlu diajarkan sejak usia dini, dengan harapan anak-anak dapat mengelola keuangan dengan bijak dan terbentuk karakter yang baik. Belajar hidup hemat dan tidak boros serta tidak terjerumus ke pola hidup yang konsumtif. Orangtua perlu untuk memberikan contoh dan keteladan tersebut melalui pola asuh yang tepat. Demikian juga guru di sekolah. Guru merupakan model bagi anak pengganti orangtua saat anak-anak berada di sekolah.
Maraknya jajanan anak yang beredar baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah, menuntut guru untuk aktif dan kreatif dalam memberikan teladan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan anak. Mengajari untuk anak hidup hemat, membelanjakan sesuatu secukupnya tanpa berlebihan dan berlatih untuk hidup sederhana merupakan kunci untuk mengajari anak tentang pengelolaan keuangan.
Downloads
References
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016
Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi Edisi 3, Yogyakarta: Ekonisia, 2007.
_________________, Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar, Yogyakarta: Ekonisia, 2007.
H.A.R. Tilaar, Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Menanamkan Hidup Sederhana, Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Kunandar, Guru Profesional, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
Muhtadi Ridwan, Geliat Ekonomi Islam Memangkas Kemiskinan Mendorong Perubahan, Malang: UIN Maliki Press, 2012.
Safrudin Aziz, Pendidikan Keluarga, Yogyakarta: Gava Media, 2015.
Tim Abdi guru, IPS Terpadu untuk kelas VIII, Bandung: Erlangga, 2007.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2012.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.