Konsep Pendidik dalam Al - Qur’an Surah Ar Rahman Ayat 1- 4 Menurut Quraish Shihab (Tafsir Al – Mishbah)

  • Risalatur Rodliyah Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
Keywords: Educator, Surah Ar Rahman, Tafsir Al Misbah

Abstract

Educators are the most important key in the world of education, educators not only teach in the learning process, but motivate, guide, students to achieve educational goals. However, recently it has been found that many educators who are supposed to be role models actually teach things that are contrary to the Qur'an. This research uses a type of library research (library research) using a content analysis approach model (content analysis). The data sources used are primary data sources and secondary data sources. The data collection technique used is documentation techniques. The data analysis used in this study is content analysis by analyzing and processing the contents of the data contained in the meaning content of surah ar rahman verses 1-4 about the concept of educators in the interpretation of al misbah by M Quraish Shihab. The results of this study show the existence of the concept of educator contained in surah ar rahman verses 1-4. In the tafsir al misbah by M Quraish Shihab there are characteristics of professional educators. According to Quraish Shihab in Tafsir Al Misbah this surah has relevance to Early Childhood Education in terms of having compassion towards learners, being knowledgeable, being able to shape personality and develop the potential of students, and having good communication skills.

References

Ahmad Sopian, “Tugas Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan”, Jurnal Tarbiyah Islamiyah,Vol. 1, Nomor. 1/VI/2016
Ahmad Sulaiman, dkk, “Karakteristik Guru Perspektif M Quraish Shihab Dalam Tafsir Al -Mishbah”, Jurnal Edu-Riligia,Vol. 1, Nomor 1/III/ 2017
Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini ( Konsep & Teori) , Jakarta : Sinar Grafika Offset, 2009
Ahmad Syafi’i, “Konsep Pendidik Dalam Perspektif Al Qur’an dan Hadis”, Jurnal Qiro’ah,Vol. I, Nomor. I/VI/2018
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Persepektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016
Aisyah Bintu Syati , Terjemah Maqal Fil Insan Dirasah Qur’aniyah, Jakarta : Pustaka Firdaus, 1999
Ajat Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018
Ali Akbar, “Tawaran Hermeneutika Untuk menfsirkan Al Qur’an”, Jurnal Wacana, Vol VII, No 1/ IV/ 2015
Ali Mustofa dan Ragil Saifullah, “Tafsir Ar Rahman ayat 1-4 : Karakteristik Guru”, Jurnal Qolamuna,Vol. 3, Nomor 1/VII/ 2017
Almaydza Pratama Abnisa, “Konsep Pendidik Dan peserta Didik Dalam Perspektif Al Qur’an”, Jurnal Asy-Syukriyyah,Vol. XVIII, Oktober 2017
Anwar Mujahidin, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan , sPonorogo : CV Nata Karya, 2019
Ari Laila Fitriana, Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Al Qur’an Surah Luqman ayat 13-19 ( Telaah Pemikiran KH Quraish Shihab Dalam Tafsir Al Misbah), Skripsi, Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati, 2020
Arsyis Musyahadah,dkk, “Kompetensi Pendidik Dalam Al Qur’an dan Relevansinya Terhadap Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008”, Jurnal Tawazun,Vol. X, Nomor. 1/VI/2017
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Dadan Rusmana, Metode Penelitian Al Qur’an dan Tafsir, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015
Dedi Sahputra N, Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Sukabumi : Haura Utama, 2020
Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, Bandung : Diponegoro, 2013
Dewan Redaksi, Suplemen Ensiklopedia Islam, Jakarta : PT Ikhtiar Baru, 1994
Diah Ayu Putri Utami, Konsep Guru Sebagai Pendidik Dalam Al Qur’an Surah a Rahman ayat 1-4 Perspektif Tafsir Tarbawi, Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2017
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Hamka, Tafsir Al -Azhar, Jakarta : Pustka Panjimas, 1989
Intan Bahiyyah, Etika Guru Menurut Ibnu Jama’ah Dalam Kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al- Mutakallim Fi Adab Al- ‘Alim Wa Al – Muta’allim dan Relevansinya Dengan Kode Etik Guru Indonesia Tahun 2013, Skripsi, Institut Pesantren Mathali’ul Falah, 2021
Izzan, Ahmad dan Saehudin, Tafsir Pendidikan Konsep Pendidikan BerbasisAl Qur’an ,Bandung: Humaniora, 2020
Jamal Ma’mur Asmani, Sudahkah anda menjadi Guru Berkharisma ?, Yogyakarta: DIVA Press, 2015
Janawi, Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung :Alfabeta, 2011
Joharis Lubis dan Indra Jaya, Komitmen Membangun Pendidikan, Medan: Pusdikra Mitra Jaya, 2018
Karman, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Bandung : PT Remaja Posdakarya, 2018
Listiawati, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Depok : Kencana, 2017
Lufaefi, “Tafsir Al Mishbah : Tekstualitas, Rasionalitas, dan Lokalitas Tafsir Nusantara”, Jurnal Substanttia,Vol. XXI, Nomor. I, 2019
M Shabir U, “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik”, Jurnal Auladunas,Vol II, Nomor. 2/XII/2015
M. Quraish Shihab, Al – Lubab( Makna, Tujuan, dan Pelajaran dari Surah-surah Al – Qur’an), Jakarta : Lentera Hati, 2012
Masnipal, Menjadi Guru Paud Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008
Mufrida Zahra, dkk, “Karakteristik Pendidik Rahmani dalam Surah Ar Rahman”, Jurnal Studi Al Qur’an,Vol. XVI, Nomor. I, 2020
Muh Mustakim dkk, Spiritual Pendidikan Qur’ani, Cilacap : Pasifik Press, 2020
Muhammad Abdel Haleem, Understanding Qur’an : Themesand Style, Bandung : Marja’, 2002
Muhammad Afandi, Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik, Purwokerto, 2015
Muhammad Mujib dkk, Studi Kritis tafsir Al-Misbah, Malaysia : Pusat Penerbitan dan Percetakan UKM, 2009
Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru, Malang : UIN Maliki Press, 2011
Mulyana, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosdakarya, 2008
Nur Fatimah, Konsep Pendidikan Dalam Al Qur’an Menurut H. M. Qurasi Shihab , Skripsi,UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015
Nurdin, “Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Al Qur’an Bagi Pendidik Era Milenial”, Jurnal Ar-raniry, 2019
Nurhadi, Muhammad Irhamuddin Harahap, Konsep Tanggung Jawab Pendidik Dalam Islam, Pekanbaru : Guepedia, 2020
Nursapia Harahap, “Penelitian Kepustakaan”, Jurnal Iqra’,Vol. VIII, Nomor. I, 2014
Pusat Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1994
Quraish Shihab, Tafsir Al Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al – Qur’an, Jakarta : Lentera Hati, 2012
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015
Rifa’i Abu Bakar, Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: SUKA Press UIN Sunan Kalijaga, 2021.
Rina Febriana, Kompetensi Guru , Jakarta: Bumi Aksara, 2019
Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan, Pendidik Ideal Bangunan Character Building, Depok: Prenamedia Group, 2018
Sholikhatul Arifah, Karakteristik Pendidik ( Telaah Al Qur’an Surah Ar Rahman ayat 1-4), Skripsi, IAIN Salatiga, 2016
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012
Sumiyati, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Indie Book Corner, 2014
Tri Wati, Konsep Pendidik Dalam Islam Menurut Al Qur’an Surah Ar Rahman Ayat 1-4, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup, 2016
Umar Tirtarahardja dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Ditjend Pendidikan Tinggi Depdikbud, 1994
Umi Mukaromah, Studi Al Qur’an Surah Al Muddaṡṡir ayat 1-7 tentang Tugas Guru dalam Perspektif Mufasir, Skripsi, Universitas Islam Negeri Semarang, 2016
Undang - Undang RI No. 14 Tahun 2005, Undang-undang Sidiknas Tentang Guru dan Dosen, Jakarta : Sinar Grafika, 2010
Wiwit Puji Lestari, Konsep Pendidik Dalam Al Qur’an, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung, 2017
Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini , Jakarta: PT Indeks, 2009
Yusrin Ahmad Tusepu, “Konsep dan Teori”, https://www.academia.edu //KONSEP-DAN-TEORI/, Diakses tanggal 25 Juni 2022 Pukul 09.11 WIB
Yusuf Budiana dan Sayiid Nurlie G, “ Kekhasan Manhaj Tafsir Al -Mishbah Karya M Quraish Shihab”, Jurnal Iman dan Spiritualitas,Vol. 1, Nomor 1/2021
Published
2023-11-30
How to Cite
Rodliyah, R. (2023). Konsep Pendidik dalam Al - Qur’an Surah Ar Rahman Ayat 1- 4 Menurut Quraish Shihab (Tafsir Al – Mishbah). Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 121-138. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i2.965
Section
Articles