Pengembangan Keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning Anak Kelompok A TK Bina Kalam Desa Klompang Barat Kecamatan Pakong

  • Felia Putri Anggraeni Universitas Islam Madura
  • Musayyadah Musayyadah Universitas Islam Madura
Keywords: Language Skills, Active Learning Approach

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang dituju bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut pada umumnya. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pengembangan keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning anak 2) Untuk mengetahui pengembangan Keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning anak 3) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangna keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Metode penelitian menggunakan Metode Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Guru di TK Bina Kalam. Data yang diperoleh yaitu dengan cara metode Observasi (Pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini yaitu dengan cara guru memberikan Stimulus terlebih dahulu pada anak, guru memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan berbahasa anak yaitu mendidik anak, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan bahkan sambil memotivasi anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak.

 

Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa; Pendekatan Active Learning

ABSTRACT: Early Childhood Education (PAUD) is a level of education before basic education which is a coaching effort aimed at children from birth to the age of 6 years which is carried out by providing educational stimuli to help physical and spiritual growth and development so that children have readiness in enter further education in general. The objectives of this research are: 1) To find out the process of implementing learning carried out by teachers in developing language skills through a child's Active Learning Approach 2) To determine the development of language skills through a child's Active Learning approach 3) To find out the supporting factors and inhibiting factors in developing skills Early Childhood Language. The research method uses a qualitative method with a descriptive type of research. The source of data in this study is the teacher at Bina Kalam Kindergarten. The data obtained is by means of Observation (Observation), Interview and Documentation methods. the subject in this study is the child. The results showed that the development of language skills for early childhood is by giving the teacher a stimulus first, the teacher has an important role in developing children's language skills, namely educating children, teaching, guiding, training, directing and even motivating children to improve language development in their early childhood. child.

 

Keywords: Language Skills; Active Learning Approach

References

Ahmad susanto, “Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Jakarta : Kencana, 2017.
Ainani, Kepala Sekolah TK Bina Kalam, Wawancara Langsung, Kamis 10 Maret 2022.
Asmah dan Yulianti, Ayu. “Pengaruh Strategi PDR Terhadap Active Learning dan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini.”Jurnal Pedagogi. Vol.2, No.3. Agustus-2016
Desyan Retno Ari P. (2017). “Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode OutBound di TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Hasan Alwi, “Tata Bahasa Baku Bahasabindonesia”. Jakarta : Perum Balai Pustaka, 2002.
Hasanah, Uswatun. “Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Din.”Insana. Vol.23, No.2. Juli-Desember, 2018.
Helmi Setyawan, Farid. “Meningkatkan Kemamuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adroid.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.Vol. 3, No.2. Oktober, 2016.
Hizam Zaini, “Strategi Pembelajaran Aktif Di Perguruan”. Yogyakarta : CTSD., 2011.
J Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2014.
Khotijah. “Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Elementary, Vol. 2. 2 Juli 2016.
Maizah, Wali Kelas TK Bina Kalam, Wawancara Langsung, 10 Maret 2022.
Masitoh, Dkk (2014). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Masruroh, Umi. ”Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning) dalam Pembelajaran Tematik di MIN Kauman Utara jombang.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Skripsi 05 Januari 2017.
Melfin Silberman, & Melfin. Active Learning 101 Cara Belajar aktif. Bandung : Nusamedia. 2006.
Moh. Uzer Usman, “Menjadi Guru Profesional” Bandung:: Remaja Rosda Karya. 2006.
Muhasim, “Pengaruh Metode Active Learning Terhadap PeningkatanMotivasi Dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di Era Globalisasi”, PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol.7, No.1 (Mei 2009).
Nawawi, Dkk. Keterampilan Berbicara sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa, Jakarta : Uhamka Press.2017.
Putra, Nusa dan Dwilestari,Ninin.Penelitian Kualitatif PAUD, (akarta : PT Grafindo Persada, 2012.
Putri, Runtut. “Active Learning untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif.” Al-Badayah. Vol.1 No. 2. Desember, 2009.
Salma Aulia Khosibah, Dimyati. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun Di Indonesia. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.
Salma Aulia Khosibah, Dimyati. 2021. “Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 2
Sidiq, Umar dan Choiri,Miftachul Metode Penelitian di Bidang Pendidikan, (Ponorogo : CV. Nata Karya, 2019).
Siregar, “Teori Dan Penerapan”. UNISMA, 2010.
Sunarsih, Sri. “Pembelajaran keterampilan Berbicara Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan dan Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Introver dan Ekstrofer di SMP,” Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,(1) .2012.
Suwartini, Iis, Penerapan Active Learning sebagai Upaya Meminimalisir Kesulitan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Genre), Universitas Ahmad Dahlan.Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Renika Cipto. 2005.
Tim Fokusmedia, “Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional No.20” pada bagian ke 7 pasal 28, 2003.
Tri Muti’ah, Guru TK Bina Kalam, Wawancara Langsung, 12 Maret 2022.
Zubaidah, Enny,’Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”, (Universitas Negeri Yogyakarta),86.
Published
2022-11-26
How to Cite
Anggraeni, F., & Musayyadah, M. (2022). Pengembangan Keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning Anak Kelompok A TK Bina Kalam Desa Klompang Barat Kecamatan Pakong. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 101-112. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.512
Section
Articles