Peningkatan Perkembangan Bahasa Aud Melalui Permainan “Celemek Bimsalabim” Di Tk Shafiya Smart School Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Language development is one of the most critical developments in Early Childhood (AUD) because language development is one of the abilities to master communication tools orally, in writing, or using signs. However, with the various problems faced by children in Shafiya Smart School Kindergarten, researchers are interested in researching the development of AUD language through the game "Aprons Bisalabim" in Shafiya Smart School Kindergarten. This study aims to improve the language development of Early Childhood in Shafiya Smart School Kindergarten because, in fact, the development of Early Childhood language in Shafiya Smart School Kindergarten still needs to be improved. This type of research uses a quantitative approach with experimental methods. The research sample consisted of 10 children. Data collection techniques using observation, interviews, documentation, and tests. And the data analysis technique used an analysis prerequisite test (normality test and homogeneity test) and a hypothesis test (descriptive statistics, gain test, and T-test). Thus, the game "Celemek Bimsalabim" can be used to improve the development of the AUD language.
References
Desriwati. Peningkatan Memaba Anak Melalui Permainan Celemek Kartu Bergambar di Taman Kanak-kanak Al Hikmah Agam, Pesona PAUD Vol. 1 No.1.
Handayani, S. (2018). Pengaruh Media Celemek Hitung Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Penelitian Pada Siswa Kelompok A TK Dharma Bakti Desa Kese Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo). Skripsi Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Magelang.
Khadijah dan Armanila. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing. http://repository.uinsu.ac.id/8459/1/BERMAIN%20AUD.pdf.
Monalisa. Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Dongeng di Taman Kanak-kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 1.
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.
Soetjiningsi dan Ranuh,G. (2012). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Buku Kedikteran EGC.
Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Rauhdhatul Athfal). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangan di sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Cakrawala Pendidikan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.