Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini

  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang
Keywords: Komite Pembelajaran, Merdeka Belajar, PAUD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research. Komite pembelajaran adalah sebuah tim di tingkat satuan Pendidikan yang terdiri dari pengawas sekolah, sepala sekolah, dan guru-guru yang dipilih oleh kepala sekolah. Unsur dalam komite Pembelajaran di PAUD adalah kepala satuan Pendidikan, pengawas/penilik, dan 2 pendidik. Perwakilan guru untuk komite pembelajaran akan dipilih oleh kepala sekolah yang menyelenggarakan program sekolah penggerak. Peran komite pemebalajaran adalah menyelenggarakan in-house training, menganalisis kebutuhan belajar guru dan menggerakkan komunitas praktisi di sekolahnya, memfasilitasi pertemuan rutin setiap bulan untuk proses perencanaan pembelajaran bagi guru PAUD. Berdasarkan permasalahan diatas, lalu bagaiamana Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD.

References

Arsil, A., Sholeh, M., & Putri, C. A. (2021). Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Muthmainnah, S. (2022). Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran Jakarta Selatan.
Rahmawati, Y., Ismail, Y., & Anggraeni, D. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 70-79.
Suryaman, M. (2020, October). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).
Published
2022-05-30
How to Cite
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65-72. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Section
Articles