Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Anak “Mata dan Manusia Laut” Karya Okky Madasari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel anak Mata dan Manusia Laut. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kutipan, kalimat, atau pun dialog yang menunjukkan nilai-nilai karakter. Teknik pengumpulan data dalam artikel ini yaitu dokumentasi, peneliti menggambarkan tokoh-tokoh dalam novel yang menunjukkan nilai-nilai karakter, serta memahami secara mendalam dengan cara membaca ulang dan mencatatnya. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai-nilai karakter dalam novel anak Mata dan Manusia Laut karya Okky Madasari berupa karakter religius, mandiri, cinta tanah air, jujur, peduli lingkungan, menghargai prestasi, peduli sosial, rasa ingin tahu, bersahabat atau komunikatif, dan tanggung jawab.
References
Bohlin, K. E. (2005). Teaching Character Education Through Literature: Awakening The Moral Imagination in Secondary Classrooms. London: Routledge Falmer Taylor & Francis.
Brainerd, E., & Menon, N. (2019). Religion and Health In Early Childhood: Evidence from South Asia Religion and Health in Early Childhood Evidence, 41(3), 439-463.
Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Hadiyanti, N. (2019). Jelang Hari Anak, Mengenaal Seri Novel Mata dari Okky Madasari. Review Buku Gramedia. 22 Juni 2019. Jakarta: Kompas Gramedia.
Herfanda, A.Y. (2008). “Sastra sebagai Agen Perubahan Budaya” dalam Bahasa dan Budaya dalam Berbagai Perspektif. Aanwan Effendi, ed. Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara Wacana.
Ismawati, E. (2011). Pengajaran Apresiasi sastra Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Basastra, 5(2), 231-236.
Kemendiknas. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal; Kementrian Pendidikan Nasional.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Madasari, Okky. 2019. Mata dan Manusia Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Maemunah. (2018). Kebijakan pendidikan pada era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
McElmeel, S. L. (2002). Charcter education: a Book Guide for Teachers, Librarians, and Parents. United States of America: A Division of Greenwood Publishing Group, Inc.
Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedgogik, 1(2).
Qistia, N., Kurnia, R., & Novianti, R. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(3), 61-72.
Sani, A. R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking skills). Tangerang: Tira Smart.
Sahlan, Asmaun., & Prastyo, A. T. (2017). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.