Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Era New Normal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru yang meliputi strategi, permainan dan kendala-kendala guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di era new normal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek untuk penelitian ini adalah guru kelas kelompok B dan anak kelas kelompok B TK Islam An Nahdliyah. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan guru yaitu membuat anak berkonsentrasi terlebih dahulu, selanjutnya guru memberikan contoh kepada anak, kemudian menuntun anak untuk mempraktekkan secara langsung. Dalam rangka menunjang perkembangan motorik kasar anak guru menerapkan berbagai kegiatan atau permainan seperti mencuci tangan sebelum memasuki ruang kelas, senam pagi, baris berbaris, gerak dan lagu animal dance, praktek wudhu dan sholat. Kendala dalam mengembangkan motorik kasar anak seperti belum terbiasa dengan penerapan 5M, anak membutuhkan pengawasan ekstra, anak mudah bosan dengan permainan, dan guru mengurangi permainan yang banyak menggunakan kontak fisik.
References
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.579
Bungsu, P., & Dewi, S. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5 (1), 11–20.
Danang, A., Setyawan, H., Hadi, & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Pejankora, 5(1), 17–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14496
Denok Dwi Anggraini, St Aini Farah Dhiba, A. I. (2016). Peningkatan Keterampilam Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Binatang pada Anak Kelompok B TK PGRI I Langkap. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3501
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 2338–2163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.1013
Izzati, safia safitri &. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Motorik Kasar Di Taman Kanak-Kanak Harapan Pangian Lintau Buo. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 142–151. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.985
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa. 3 M Media Karya.
Mahmud, B. (2018). URGENSI STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (1). https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Mubiar Agustin , Ryan Dwi Puspita , Dinar Nurinten, H. N. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Nofianti, R. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Edu Publisher.
Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 85–94. https://doi.org/10.31539/JOTING.V3I1.2115
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (I). Kencana.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini (E. Sugandi (ed.); I). Prenamedia Group.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.