Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Era New Normal

  • Muhakkamah M. Ahdad UIN Sunan Kalijaga
  • Raden Rachmy Diana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: anak usia dini, motorik kasar, guru, era new normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru yang meliputi strategi, permainan dan kendala-kendala guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di era new normal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek untuk penelitian ini adalah guru kelas kelompok B dan anak kelas kelompok B TK Islam An Nahdliyah. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan guru yaitu membuat anak berkonsentrasi terlebih dahulu, selanjutnya guru memberikan contoh kepada anak, kemudian menuntun anak untuk mempraktekkan secara langsung. Dalam rangka menunjang perkembangan motorik kasar anak guru menerapkan berbagai kegiatan atau permainan seperti mencuci tangan sebelum memasuki ruang kelas, senam pagi, baris berbaris, gerak dan lagu animal dance, praktek wudhu dan sholat. Kendala dalam mengembangkan motorik kasar anak seperti belum terbiasa dengan penerapan 5M, anak membutuhkan pengawasan ekstra, anak mudah bosan dengan permainan, dan guru mengurangi permainan yang banyak menggunakan kontak fisik.

References

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.579
Bungsu, P., & Dewi, S. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5 (1), 11–20.
Danang, A., Setyawan, H., Hadi, & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Pejankora, 5(1), 17–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14496
Denok Dwi Anggraini, St Aini Farah Dhiba, A. I. (2016). Peningkatan Keterampilam Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Binatang pada Anak Kelompok B TK PGRI I Langkap. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3501
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 2338–2163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.1013
Izzati, safia safitri &. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Motorik Kasar Di Taman Kanak-Kanak Harapan Pangian Lintau Buo. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 142–151. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.985
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa. 3 M Media Karya.
Mahmud, B. (2018). URGENSI STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (1). https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Mubiar Agustin , Ryan Dwi Puspita , Dinar Nurinten, H. N. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Nofianti, R. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Edu Publisher.

Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 85–94. https://doi.org/10.31539/JOTING.V3I1.2115
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (I). Kencana.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini (E. Sugandi (ed.); I). Prenamedia Group.
Published
2022-05-30
How to Cite
Ahdad, M., & Diana, R. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Era New Normal. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17-28. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.386
Section
Articles