Representasi Nilai Syukur dalam Film Animasi Nussa dan Rara untuk Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi nilai-nilai syukur dalam film animasi Nussa dan Rara yang diperuntukkan bagi anak usia dini. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini, khususnya nilai syukur sebagai bagian dari pendidikan agama dan moral. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi terhadap tiga episode terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai syukur tergambar melalui visualisasi karakter, alur cerita, dan dialog yang menyentuh aspek emosional anak. Episode “Belajar Ikhlas” menampilkan makna menolong tanpa pamrih sebagai bentuk syukur, “Nussa Bisa” menunjukkan semangat pantang menyerah dan percaya diri meskipun dalam keterbatasan. Penelitian ini berimplikasi pada praktik pendidikan karakter dalam PAUD menggunakan media audiovisual. Kesimpulannya, film animasi Nussa dan Rara tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media edukatif yang efektif dalam menanamkan nilai syukur pada anak-anak.
References
Angela, P., Andini, S. A., & Rohimah, A. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar 01 Sumberjaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 14423–14432.
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Astriani, D., Pendidikan, J., Madrasah, G., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2024). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM ANIMASI LORONG WAKTU DAN RELEVANSINYA ANAK TINGKAT M I NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM.
Azzahra, Z. (2019). PERANCANGAN INFORMASI RASA SYUKUR PADA ANAK ISLAM USIA DINI MELALUI MEDIA BUKU POP UP. 6–19.
Cantika, M. Y. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Kartun Ipin Ipin Serta Relevansinya Dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Karimah Tauhid, 3, 7728–7734. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/14145
Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 14(1), 269–288.
Fajri, M., Zurqoni, Z., & Sugeng, S. (2023). Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Kurikulum Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam Di Kalimantan Timur. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 27–42. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i1.58
Karunia. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT IMAM AL-GAZALI. 4(June), 2016.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Muning, O., Pendidikan Guru, S., & Dasar, S. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164–171.
Rahayu, D. Y., & Nur, T. (2025). Perspektif psikolinguistik pada pemrosesan emosi baru karakter Riley dalam film Inside Out 2. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 22–31.
Rahmayanti, R. D., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1), 157–172. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15139
Ratna Khairunnisa, Gamar Al Haddar, & Nur Agus Salim. (2021). Penguatan Pendidikan Berkarakter Melalui Tayangan Animasi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Samarinda. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 1(1), 12–19. https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i1.725
Rezki, S. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM ANIMASI TERHADAP PERKEMBANGAN AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AT-TAQWA 1 MUARA JAYA KOTA SUNGAI PENUH.
Satriana, M. (2013). Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17–30.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw
Survia, L., & Wahyuningsih, S. Rochmawati, T. (2022). Penguatan karakter anak melalui media film animasi dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Al‑Athfal, 5(2), 85–93.
Syibly, A. N. (2024). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA EPISODE COMPILATION VOL.1. Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu/128566/%0A%0A
Ulfah, S. Z. (2019). Kerangka Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Westri, Z., & Pransiska, R. (2021). Analisis nilai-nilai agama dan moral anak usia dini pada film. Jurnal Golden Age, 5(02), 221–232. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3497
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Widya, D., & Hariyanto, A. (2022). Media Film sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 45–52.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Yuniar, N. D. F. (2019). ANALISIS KONTEN TIGA EPISODE FILM ANIMASI NUSA DAN RARA UNTUK PENGENALAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. 19–26.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.











