Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Kolaboratif Digital di Metro Selatan

  • Tiara Dwi Wulandari UIN Jurai Siwo Lampung
  • Suryadi Suryadi UIN Jurai Siwo Lampung
Keywords: Kecerdasan Sosial, Digital, Anak Usia Dini, Permainan Kolaboratif

Abstract

Perkembangan kecerdasan sosial pada anak usia dini menjadi fondasi penting bagi kemampuan berinteraksi dan beradaptasi di lingkungan sosial. Di era digital, permainan kolaboratif digital menjadi salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas penggunaan permainan kolaboratif digital dalam meningkatkan kecerdasan sosial anak usia 5–6 tahun di PAUD wilayah Metro Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) model Borg & Gall dengan tahapan mulai dari analisis kebutuhan, perancangan media, uji coba terbatas, hingga revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan digital kolaboratif yang dirancang mampu meningkatkan keterampilan sosial anak seperti kerja sama, empati, dan komunikasi. Guru dan orang tua juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media tersebut dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan kolaboratif digital dapat menjadi media yang efektif dan menyenangkan dalam mendukung pengembangan kecerdasan sosial anak usia dini, khususnya dalam konteks pembelajaran di Metro Selatan.

References

Alfikri, M. Y., & Fajar, M. I. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Citra Pendidikan. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1967
Eliza, D., Mulyeni, T., Budayawan, K., Hartati, S., Khairiah, F., & Permana, A. I. (2022). Pengembangan Teknologi Digital Cerita Sains Terintegrasi Kearifan lokal untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640
Irsyadillah, N. S., Putri, R. I., Amori, M. rindri B., Wati, S., Afriyanti, S. A., Haidlor, M., & Afandi, A. (2022). Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research). https://doi.org/10.19184/jecer.v3i1.28558
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohmah, N., & Aflahani, A. P. E. (2019). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Teknologi. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5743
Salim, N. A. (2024). Integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini: menilai dampaknya pada perkembangan kognitif. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24903/jw.v7i2.1533
Sarjani, A. I., Syarfuni, S., & Nasution, A. R. (2023). INTEGRASI MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Buah Hati. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2304
Published
2025-11-30
How to Cite
Wulandari, T., & Suryadi, S. (2025). Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Kolaboratif Digital di Metro Selatan. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 161-168. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i2.1678
Section
Articles