Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Kolaboratif Digital di Metro Selatan
Abstract
Perkembangan kecerdasan sosial pada anak usia dini menjadi fondasi penting bagi kemampuan berinteraksi dan beradaptasi di lingkungan sosial. Di era digital, permainan kolaboratif digital menjadi salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas penggunaan permainan kolaboratif digital dalam meningkatkan kecerdasan sosial anak usia 5–6 tahun di PAUD wilayah Metro Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) model Borg & Gall dengan tahapan mulai dari analisis kebutuhan, perancangan media, uji coba terbatas, hingga revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan digital kolaboratif yang dirancang mampu meningkatkan keterampilan sosial anak seperti kerja sama, empati, dan komunikasi. Guru dan orang tua juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media tersebut dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan kolaboratif digital dapat menjadi media yang efektif dan menyenangkan dalam mendukung pengembangan kecerdasan sosial anak usia dini, khususnya dalam konteks pembelajaran di Metro Selatan.
References
Eliza, D., Mulyeni, T., Budayawan, K., Hartati, S., Khairiah, F., & Permana, A. I. (2022). Pengembangan Teknologi Digital Cerita Sains Terintegrasi Kearifan lokal untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640
Irsyadillah, N. S., Putri, R. I., Amori, M. rindri B., Wati, S., Afriyanti, S. A., Haidlor, M., & Afandi, A. (2022). Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research). https://doi.org/10.19184/jecer.v3i1.28558
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohmah, N., & Aflahani, A. P. E. (2019). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Teknologi. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5743
Salim, N. A. (2024). Integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini: menilai dampaknya pada perkembangan kognitif. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24903/jw.v7i2.1533
Sarjani, A. I., Syarfuni, S., & Nasution, A. R. (2023). INTEGRASI MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Buah Hati. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2304

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.











