Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

  • Novita Budiarti UIN Sunan Kalijaga
  • Ichsan Ichsan UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Pola Asuh, Kemandirian Anak, Anak Usia Dini, Korelasi, Pendidikan PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat kemandirian anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap perilaku kemandirian anak dan kuesioner kepada orang tua mengenai pola asuh. Penelitian dilakukan di TK Tunas Harapan dan TK ABA Dukuh Tengah, Brebes, dengan jumlah sampel 65 anak dan orang tua. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas orang tua menerapkan pola asuh demokratis (84,9%), dan sebagian besar anak menunjukkan tingkat kemandirian tinggi (65,1%). Uji chi square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh dan kemandirian anak (χ² hitung = 11,335 > χ² tabel = 3,841, p < 0,05). Anak dengan pola asuh demokratis cenderung memiliki tingkat kemandirian lebih tinggi dibandingkan anak dengan pola asuh otoriter. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berperan penting dalam pembentukan kemandirian anak usia dini.

References

Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., & Rohman, M. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Get Press Indonesia.
Alnashr, M. S. (2018). Integrasi Pendidikan Siaga Bencana dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 6(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1779
Anista, D. Z. N., Anwar, R. N., & Afifah, S. N. (2024). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 10.
Badan Wakaf Indonesia. (2020). Laporan Hasil Survey Indeks Literasi Wakaf 2020. 1, 7–8.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitafif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Febriyanti, I., Naim, M., & Rosmilawati, I. (2024). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Kadugenep Kecamatan Petir Kabupaten Serang. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 514–523.
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60.
Ma’Arif, S. (2018). Education as a foundation of humanity: Learning from the pedagogy of pesantren in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), 104–123. https://doi.org/10.17499/jsser.58854
Mahmudah, N., Elan, E., & Mulyana, E. H. (2023). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 7(2), 146–151.
Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola pengasuhan orangtua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah: Literature review. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 116–124.
Nawangsasi, D., & Kurniawati, A. B. (2022). Peningkatan kemandirian anak usia dini melalui program pengembangan kemandirian. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 112–119.
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143.
Nurhayati, A., Sugiatna, A., & Saepudin, S. (2021). Uji korelasi dengan metode analisis korelasi kanonik. Sistemik: Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(2), 18–21.
Paramita, V., Hartati, I., & Rifiani, A. H. (2016). Prosiding SNST ke-7 Tahun 2016 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang 7. Prosiding SNST.
Prihatin, S. R. (2023). Pengaruh pola asuh authoritative terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(2), 61–69.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation and Learning Outcomes Through the Internet of Things; Learning in Pesantren. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84–88.
Wasis, S. (2022). Pentingnya penerapan merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini (PAUD). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41.
Wijono, H. A., Nafiah, U., & Lailiyah, N. (2021). Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 155–17
Published
2025-11-30
How to Cite
Budiarti, N., & Ichsan, I. (2025). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 103-114. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i2.1672
Section
Articles