Internalisasi Nilai Pendidikan Islam dalam Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai pendidikan Islam dalam kurikulum merdeka di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). ). Internalisasi nilai pendidikan Islam di lembaga PAUD merupakan proses penanaman nilai-nilai keislaman yang mencakup aspek akidah, akhlak, dan ibadah secara terintegrasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk membentuk karakter dan fondasi spiritual anak sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian dilakukan di TK Santiya Arinda Pemulutan Barat dengan subjek 10 anak kelas B1. Pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, focus group discussion (FGD), dan studi dokumentasi perangkat pembelajaran. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi untuk memverifikasi keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai pendidikan Islam melalui empat pendekatan utama integrasi nilai dalam perencanaan pembelajaran, keteladanan, pembiasaan, dan pembelajaran aktif telah berjalan efektif. Mayoritas anak menunjukkan perkembangan yang baik dalam nilai akidah (90% kategori BSH dan BSB), nilai akhlak (90% kategori BSH dan BSB), dan nilai ibadah (80% kategori BSH dan BSB). Faktor pendukung keberhasilan mencakup komitmen kepala sekolah, kualifikasi guru, dukungan kebijakan lokal, keterlibatan orangtua, dan ketersediaan sarana prasarana. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan referensi dan panduan operasional, variasi pemahaman orangtua, pengaruh media, dan keterbatasan kompetensi guru.
References
Azizah, R., & Hartati, S. (2021). Pendekatan pembiasaan dalam meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.38256
Direktorat PAUD. (2023). Laporan monitoring dan evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka PAUD tahun 2023.Kemendikbudristek.
Fathimah, A., & Khalid, M. (2022). Konsistensi pengasuhan nilai antara institusi pendidikan dan keluarga dalam internalisasi nilai pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 4(3), 210–225. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i3.581
Fauziah, N., & Hasanah, A. (2022). Implementasi pembelajaran tematik-integratif berbasis nilai Islam pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 167-182.
Hakim, L. (2023). Model internalisasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan karakter anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 67-82.
Hidayat, N. (2022). Akidah untuk anak usia dini: Konsep dan implementasi .Gava Media.
Hidayati, S., & Suwardi, D. (2023). Faktor determinan keberhasilan implementasi kurikulum berbasis nilai di lembaga PAUD. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 75–92. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.892
Kemendikbudristek. (2022). Pedoman implementasi Kurikulum Merdeka PAUD .Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.
Kementerian Agama RI. (2023). Studi evaluatif implementasi kurikulum pada Raudhatul Athfal dan PAUD Islam di Indonesia.Direktorat Pendidikan Madrasah.
Khadijah, M., & Amelia, N. (2023). Pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam menginternalisasikan nilai ibadah pada anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 145–160. https://doi.org/10.31004/jpaud.v6i2.763
Loka, N., & Sari, N. (2024). Internalization of early childhood responsibility character values through physical education. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 77–87.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2023). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Edisi Indonesia oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). UI Press.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosda karya.
Muhaimin. (2022). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah. Remaja Rosda karya.
Muharrahman, M., & Sohiba, S. (2020). Nilai-nilai agama dan moral anak dalam chanel YouTube Nussa Official episode kompilasi volume 1–3. Jurnal I'TIBAR, 4(1), 45–58.
Mulyasa, E. (2023). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosda karya.
Munir, A. (2022). Strategi pendidikan akhlak pada anak. Kencana.
Mursid, A. (2023). Pengembangan model pembelajaran berbasis nilai Islam dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 212-227.
Muslih, A., & Istiqomah, N. (2022). Efektivitas keteladanan guru dalam pembentukan akhlak pada lembaga PAUD berbasis Islam: Studi longitudinal. Jurnal Ilmiah PAUD, 5(3), 215–232. https://doi.org/10.29313/paud.v5i3.9842
Nasution, H., & Wibawa, R. (2023). Program parenting terstruktur dalam meningkatkan konsistensi penanaman nilai keagamaan: Studi longitudinal pada anak usia 4–6 tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 57–72. https://doi.org/10.29313/jpiad.v5i1.924
Nuraeni, L. (2022). Penanaman nilai akidah pada anak usia dini di RA Al-Hidayah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–129. https://doi.org/10.31004/jpiad.v3i2.892
Permatasari, A., & Gunawan, H. (2022). Tantangan integrasi nilai-nilai keagamaan dalam Kurikulum Merdeka: Studi pada lembaga PAUD. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(4), 312–330. https://doi.org/10.35891/jmpi.v5i4.749
Permendikbudristek No. 5 Tahun 2023 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, S. D. (2022). Strategi penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 87-102.
Rahmawati, F., & Gunawan, H. (2023). Pendekatan tematik-integratif berbasis projek dalam internalisasi nilai keagamaan: Studi komparatif implementasi Kurikulum Merdeka di lembaga PAUD. Jurnal Studi Kurikulum dan Pendidikan, 7(2), 188–205. https://doi.org/10.25157/jskp.v7i2.1045
Rahmawati, L., & Hidayat, T. (2022). Efek jangka panjang program pendidikan nilai keagamaan terhadap pembentukan karakter dan resiliensi anak usia dini: Studi longitudinal. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(3), 243–260. https://doi.org/10.29313/jpp.v5i3.715
Rohman, A. (2023). Sinergi sekolah dan keluarga dalam pembentukan karakter religius anak usiadini. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 21-34.
Sholihah, M., & Abidin, Z. (2023). Efektivitas metode bercerita dan keteladanan dalam internalisasi nilai akhlakepada Kurikulum Merdeka PAUD. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134-149.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif.Alfabeta.
Suyadi. (2023). Pembelajaran tematik-integratif berbasis nilai Islam untuk PAUD. Ar-Ruzz Media.
Wawancara dengan Kepala TK SantiyaArindaPemulutan Barat, 10 Maret 2025.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.











