Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan apa saja peran guru dalam mengajarkan Pendidikan Karakter AUD di RA Sunan Ampel (2) Mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengajarkan Pendidikan Karakter AUD di RA Sunan Ampel. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitaltif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dilaksanakan sejak 5 Desember 2024 – 11 Desember 2024. Lokasi penelitian di RA Sunan Ampel Pujon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Memberikan praktek atau contoh langsung (pembiasaan), dengan bercerita tentang contoh Pendidikan karakter pada AUD dan belajar menggunkan media, seperti menonton video, film, dan buku. (2) faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Karakter AUD di RA Sunan Ampel, Faktor pendukung dalam menerapkan Pendidikan krakter AUD di RA Sunan Ampel diantaranya peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, peran orang tua dalam mendukung kegiatan disekolah, dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat dalam menerapkan Pendidikan karakter di RA Sunan Ampel diantaranya lingkungan sekitar, keluaga yang kurang harmonis, dan keterbatasan waktu disekolah.
References
1. - Widayati. (2019). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 123-136.
- Kusumaningrum. (2020). Strategi Guru dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 1-12.
2. - Fitriani. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 123-136.
- Kusumaningrum.
3. – S Jamilah 2023 https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/1907
4. NS Masruroh (2002). https://eprints.iainu kebumen.ac.id/id/eprint/834/3/3.%20BAB%20II.pdf
5. Siti Maemunawati, Muhammad Alif, Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19, (Serang: 3M Media Karya, 2020), hal. 9-11.
6. Fauzi, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Karakter Islami Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal PENDIDIKAN Islam, 7(2), 123-140
7. Hidayah, N. (2019). Pembelajaran Karakter Islami Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1),45-60
8. Berk, Laura (2008). Child Development. USA: Pearson Education
9. Basori, 2024. Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dinidalam Membangun Karakter pada Anak.(online). https://journal.ilmudata.co.id/index.php/ijmst/article/view/291/83 di akses pada tanggal 5 januari
10. Ismail, S., Sodikin, O., & Hasanah, A. (2020). EVALUASI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH Shalahudin Ismail. Jurnal Al - Amar, 1 (3), 20–27. Diambil dari https://www.academia.edu/8925 6026/Evaluasi_Implementasi_P 36. doi: 10.24235/ath.v30i1.6415
11. Achmad, F., et al. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter religius pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2).
12. Anita, F. (2021). Peran guru dalam membangun nilai-nilai karakter pada anak usia dini di PAUD Kamboja 69 Sukowono Jember. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
13. Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya kompetensi dan profesionalisme guru dalam pembentukan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1).
14. Munawir, D., et al. (2022). Tugas, fungsi, dan peran guru profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).
15. Zega, Y. K., et al. (2022). Peran guru sekolah minggu dalam membentuk karakter anak usia dini di era teknologi. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.