Implementasi Full Day School dalam Menanamkan Nilai Agama Anak Usia Dini

  • Bintang Shafa Masnaini. Z Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Kurnia Akbar Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Full Day School, Nilai-nilai Agama, Anak Usia Dini

Abstract

Full day school adalah sistem pendidikan yang memperpanjang waktu belajar siswa dengan mengintegrasikan kegiatan akademik, ekstrakurikuler, dan pembelajaran agama dalam satu hari penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi full day school dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada anak usia dini di RA Perwanida, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa full day school efektif menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini, yang terlihat dari peningkatan pemahaman dan penerapan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari mereka, serta indikator STPPA yang hampir sepenuhnya terpenuhi. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, seperti keterbatasan fasilitas, sumber daya, biaya pendidikan yang tinggi, dan kekurangan tenaga pendidik kompeten. Dukungan orang tua, keterlibatan komunitas sekolah, dan penyesuaian kurikulum yang tepat dibutuhkan untuk keberlanjutan program. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperkaya pengetahuan tentang implementasi full day school dalam konteks pendidikan agama anak usia dini. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan keterampilan penelitian, bagi peserta didik untuk menerima pendidikan agama yang lebih intensif, dan bagi pendidik sebagai panduan dalam menerapkan strategi pengajaran agama yang efektif.

References

Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). PENERAPAN STUDI LAPANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA SOSIOLOGI IISIP YAPIS BIAK). Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1).
Dacholfany, I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. AMZAH.
Gusmaniarti. (2019). Lembaga Sekolah PAUD Membentuk Perilaku Sosial Anak Dalam Keluarga. UMSurabaya Publishing.
Habe, H., & Ahiruddin. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Ika Windayani, N. L., Risna Dewi, N. W., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Sesara Ariyana, I. K., Belen Keban, Y., Trisna Mahartini, K., Dafiq, N., Suparman, & Sastrika Ayu, P. E. (2021). Teori Dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Jasuri. (2015). Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan uin walisongo semarang 2015. Jurnal Madaniyah Edisi VIII, 16–31.
Jempa, N. (2017). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 101–112.
Maulani, G., Novianti, W., Marli’ah, S., Maulida, N., Missouri, R., Romadhon, K., Mayasari, Taufiqurrahmi Listyorin, N., Hasanah Usnur, U., Wahyuni Siregar, R., A. Hadikusumo, R., Nami Simanungkalit, L., Pratamawati, A., Syarifah, T., Risna Dewi, N. W., Suryana Jamin, N., & Chairunnisa. (2024). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. PT. Sada Kurnia Pustaka.
Mubin, T., & Sabiq, A. F. (2020). Full Day School dan Perkembangan Psikologi Anak. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 160–177.
Rahman, H., Rita, K., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini (Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD). Edu Publisher.
Rizkita Putri, F., Hidayanti, R., & Maylani, I. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 39–48.
Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632
Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6941. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480
Subagyo. (2023). Manajemen Kurikulum Full Day School Untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah. PT. Arr Rad Pratama.
Supradi, B. (2020). Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia.
Wahyuni, S. (2020). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9062
Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12
Zaini, A. (2018). Metode-Metode Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 25. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4264
Published
2025-05-31
How to Cite
Masnaini. Z, B., & Akbar, K. (2025). Implementasi Full Day School dalam Menanamkan Nilai Agama Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 75-90. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i1.1429
Section
Articles