Kegiatan Pembiasaan Membaca Surat Pendek dalam Mengembangkan Nilai Agama terhadap Anak Usia Dini di RA An-Nur Terungwetan

  • Rina Erfiana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Al-Qudus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pembiasaan, Membaca, Surat Pendek, Nilai Agama, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pembiasaan membaca surat pendek dalam membangunkan nilai agama pada anak usia dini di RA AN-NUR Terungwetan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan membaca surat pendek tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca anak, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai agama. Melalui kegiatan rutin ini anak-anak belajar tentang kebersihan hati, disiplin dan pentingnya doa. Selain itu dukungan orang tua dan lingkungan sekolah sangat berperan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembiasan membaca surat pendek merupakan strategi efektif dalam menanamkan nilai agama di kalangan anak usia dini yang akan berdampak positif pada perkembangan spiritual dan moral mereka di masa depan.

References

Dahlan, A. (2020). Strategi pembelajaran agama untuk anak usia dini. Jakarta; Bumi aksara.
Hafiz, M. (2019). Implementasi kegiatan pembiasaan membaca Alquran di Ra. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 101-115.
Mustafa, H. (2021). Pengembangan karakter anak melalui pembelajaran Alquran. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Nasution, R. (2022). Pengaruh pembiasan membaca surat pendek terhadap penguatan nilai agama pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 75-88
Published
2025-05-31
How to Cite
Erfiana, R., & Dwijo, A.-Q. (2025). Kegiatan Pembiasaan Membaca Surat Pendek dalam Mengembangkan Nilai Agama terhadap Anak Usia Dini di RA An-Nur Terungwetan. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 49-60. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i1.1406
Section
Articles