Kegiatan Pembiasaan Membaca Surat Pendek dalam Mengembangkan Nilai Agama terhadap Anak Usia Dini di RA An-Nur Terungwetan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pembiasaan membaca surat pendek dalam membangunkan nilai agama pada anak usia dini di RA AN-NUR Terungwetan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan membaca surat pendek tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca anak, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai agama. Melalui kegiatan rutin ini anak-anak belajar tentang kebersihan hati, disiplin dan pentingnya doa. Selain itu dukungan orang tua dan lingkungan sekolah sangat berperan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembiasan membaca surat pendek merupakan strategi efektif dalam menanamkan nilai agama di kalangan anak usia dini yang akan berdampak positif pada perkembangan spiritual dan moral mereka di masa depan.
References
Hafiz, M. (2019). Implementasi kegiatan pembiasaan membaca Alquran di Ra. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 101-115.
Mustafa, H. (2021). Pengembangan karakter anak melalui pembelajaran Alquran. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Nasution, R. (2022). Pengaruh pembiasan membaca surat pendek terhadap penguatan nilai agama pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 75-88

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.