Peran Orang Tua dalam Mengatasi Sibling Rivalry terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Sibling rivalry adalah fenomena yang sering terjadi dalam keluarga dan dapat memengaruhi perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran strategis orang tua dalam mengatasi sibling rivalry dan dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini di RA Melati Legoso, Tangerang Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini melibatkan 8 keluarga sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sibling rivalry dapat menghasilkan dampak positif, seperti anak menjadi lebih mandiri dan dewasa, serta dampak negatif, seperti munculnya perilaku manja, cengeng, atau emosi yang tidak terkontrol. Untuk mengatasi dampak ini, peran orang tua sangat signifikan, yaitu sebagai guru, motivator, contoh, sahabat, pengawas, dan penasihat. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan holistik yang melibatkan orang tua dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pendidikan anak usia dini dengan memberikan dasar ilmiah bagi pengembangan program pendidikan karakter dan strategi pengelolaan sibling rivalry. Selain itu, penelitian ini memperkuat literatur dalam bidang psikologi keluarga dan pendidikan anak usia dini, khususnya mengenai pentingnya sinergi antara keluarga dan lembaga pendidikan dalam membentuk karakter anak. Proses penelitian yang sistematis juga memberikan model bagi studi-studi serupa di masa depan.
References
Ajeng Rahayu Tresna Dewi, Mira Mayasarohk, E. G, (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal: Golden Age 04, no.1. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2233
Anki Novairi, Aditya Bayu, dan Chrisna Farmadiani, (2012). Bila Kakak-Adik Saling Berselisih. Yogyakarta: Javalitera.
Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Deonisia Arlinta. (2024). “Jarak Umum Terlalu Dekat Rentan Picu Sibling Rivalry pada Anak” Kompas Online, 16 februari 2024. https://www.kompas.id/baca/humaniora/ 2024/02/16/jarak-umur-terlalu-dekat-rentan-picu-sibling-rivalry-pada-anak
Erwin, Y., Firdausi, N., & Yuliansari, P. (2022). SYSTEMATIC REVIEW DAMPAK SIBLING RIVALRY TERHADAP PERMASALAHAN EMOSIONAL PADA ANAK PRESCHOOL. Jurnal Ilmiah Pamenang, 4(1), 6–15. https://doi.org/10.53599/jip.v4i1.87
Ikromah, E., Santoso, S., & Pratiwi, I. A. (2022). PERAN ORANG TUA MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI DI DUKUH NGLAU. JANACITTA, 5(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v5i2.1786
Indah Kurnia Eka Saputri dan Sugiarianti. (2016). Hubungan Sibling Rivalry dengan Regulasi Emosi Pada Masa Kanak Akhir. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 08. (2). https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i2.8624
Indanah, dan Dewi Hartinah. (2017). Sibling Rivalry pada Anak Usia Todler. University Research Colloquium.
Leny Indriyani, R. Nunung Nurwati, Meilani Budiati Santoso, (2022). Peran Orang Tua dalam Mencegah Sibling Rivalry pada Anak Usia Toddler. Jurnal: Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (JPPM) 3, No. 1. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.39661
Merianti, L., & Nuine, E. A. (2018). Analisis Hubungan Perkembangan Emosional Anak Umur 8 – 12 Tahun Terhadap Kejadian Sibling Rivalry. Jurnal Endurance, 3(3), 474. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3242
Mulyadi. Dkk. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau. Jurnal: Ilmu Pendidikan Nonformal 07, No. 03. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021
Rizki Ocha Santina, Fitri Hayati, Rizka Oktarina. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mengatasi Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2 (1).
Salsabila Jannata, (2022). Sibling Rivalry Dalam Qasas Al-Qur’an. Skripsi Sarjana: Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Al- Quran Jakarta.
Shaffer, D. R., and Kipp. K. (2007). Development Psychology: Childhood And Adolescence, Eight Edition. Canada: Cengange Learning.
Ulkhatiata, I. T., & Diana, R. R. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivarly Pada Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.15642/jeced.v5i1.2296
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.