Analisis Implementasi Program Pelibatan Orang Tua di TKIT Iqra Berdasarkan Hornby Model for Parent Participation in School

  • Asifa Sifa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aldifta Putri Hapsari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Catur Louisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elsa Apriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Friska Amelia Safitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadya Rizqiyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zelika Permatasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Esya Anesty Mashudi
Keywords: Pelibatan Orang Tua, Hornby, Anak

Abstract

Implementasi program pelibatan orang tua di sekolah memiliki pengaruh dalam perkembangan anak. Namun, hal tersebut dapat menjadi masalah pada proses pendidikan apabila belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program pelibatan orang tua di TKIT Iqra berdasarkan Hornby model for parent participation in school.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif melalui survei sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak program implementasi pelibatan orang tua di TKIT Iqra yang sudah sesuai dengan Hornby model for parent participation in school, tetapi tingkat resiliensi keluarga, skala pelibatan orang tua dan perspektif guru TKIT Iqra masih berada pada kategori sedang sehingga program pelibatan orang tua di TKIT Iqra dapat dioptimalkan pada bentuk kegiatan counselling dan support melalui pameran hasil karya dan dongeng bersama.

References

Amat. (2021). PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN DAN KEMATANGAN INDIVIDU. Society: Jurnal Prodi Tadris IPS, 12(1), 59–75. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/article/download/2751/1605/9277
Aminah, A., Ervina, I., & Sari, A. S. (2023). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Kesiapan Belajar pada Anak di TK Al-Amien Jember. Jurnal Parenting Dan Anak, 1(1), 12. https://doi.org/10.47134/jpa.v1i1.42
Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110–127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246
Diadha, R. (2015). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. https://www.researchgate.net/publication/333996952_KETERLIBATAN_ORANG_TUA_DALAM_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI_DI_TAMAN_KANAK-KANAK
Edy, CH, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DAN POLA ASUH TERHADAP DISIPLIN ANAK. JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 12(2). https://www.researchgate.net/publication/331094850_PENGARUH_KETERLIBATAN_ORANGTUA_DAN_POLA_ASUH_TERHADAP_DISIPLIN_ANAK
Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246
Hanafi, I. (2018). Perkembangan Manusia Dalam Tinjauan Psikologi dan Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.7
Herlina, S. (2019). Hubungan Lingkungan Pengasuhan dan Pekerjaan Ibu terhadap Perkembangan Bayi 6-12 Bulan. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.31539/jka.v1i2.580
Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, N. L. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/
Khasanah, U. (2017). Analisis Praktik Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini : Studi Kasus di TKI Pertiwi Ds. Tambah Rejo, Kec. Tunjungan Kab. Blora. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/1552
Khusna, A. N. (2018). KORELASI ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN KETERLIBATAN ORANGTUA DENGAN EMERGENT LITERACY SKILLS. https://eprintslib.ummgl.ac.id/109/1/14.0304.0028%20_%20BAB%20I%20_%20BAB%20II%20_%20BAB%20III%20_%20BAB%20V%20_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Mawarpury, M., Studi Psikologi, P., & Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, F. (2017). RESILIENSI DALAM KELUARGA: PERSPEKTIF PSIKOLOGI. Jurnal Psikoislamedia, 2(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1829
Millah, D., & Syah, M. N. S. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BARONGAN KUDUS. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/2989/pdf
Mukhtar, N., & Amalia, R. (2019a). Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Cahaya Bunda Lhokseumawe. ThufuLA. https://www.researchgate.net/publication/342740621_Peran_Orang_Tua_dalam_Pengenalan_Budaya_Literasi_untuk_Meningkatkan_Kecerdasan_Bahasa_Pada_Anak_Usia_Dini_5-6_Tahun
Mukhtar, N., & Amalia, R. (2019b). Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Cahaya Bunda Lhokseumawe. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/5638
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628
Muthie, I., & Sugito, S. (2023). Pola Pendampingan Orang tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 895–903. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2271
Nurkamelia. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta Nurkamelia. 2(2), 112–136. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/
Oktavianingsih, E. (2018). PENGEMBANGAN PROGRAM PELIBATAN ORANGTUA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce
Prayogi, A., Irfandi, & Arif Kurniawan, M. (2024). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Suatu Telaah. Complex: Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional, 1(2), 30–37. https://www.researchgate.net/publication/382648923_Pendekatan_Kualitatif_dan_Kuantitatif_Suatu_Telaah
Putri, R. A., Mawaddah, S., Bancin, M., & Putri, H. (2023). Peran Penting dan Manfaat Keterlibatan Orang Tua di PAUD: Membangun Pondasi Pendidikan Anak yang Kokoh. 3(1), 42–49. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF
Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., & Noviana, I. P. (2022). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Vol. 6, Issue 2). https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/download/2624/1387/10291
Rosyidah, R., Astuti, J. S., Mareta, D., & Michelino, D. (2022). Peran Dukungan Keluarga Terhadap Resiliensi Keluarga Pada Istri Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Bangkalan (Vol. 6). https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/download/476/339/961
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/view/18
Sahara, L. O. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PELIBATAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENTAS KELAS PADA SATUAN PAUD DI KABUPATEN GORONTALO. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036
Winahyu, S. P. (2016). PELIBATAN ORANG TUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA. https://eprints.uny.ac.id/32941/
Wulandari Ayu Suci, & Fardhana Nur Ainy. (2015). Hubungan antara Keyakinan Motivasional Orang Tua dengan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak PKK Kalijudan Surabaya.
Published
2024-11-30
How to Cite
Sifa, A., Hapsari, A., Louisa, C., Damayanti, D., Apriani, E., Safitri, F., Rizqiyana, N., Permatasari, Z., & Mashudi, E. (2024). Analisis Implementasi Program Pelibatan Orang Tua di TKIT Iqra Berdasarkan Hornby Model for Parent Participation in School. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 139-156. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v3i2.1319
Section
Articles