Upaya Guru dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di TK Islam Al-Abror Jakarta Timur
Abstract
Menghafal surat pendek merupakan salah satu program unggulan di TK Islam Al-Abror dengan target hafal surat-surat pendek yang dimulai dari surat An-Naas hingga surat Al-‘Alaq. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru taman kanak-kanak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an pada anak usia dini di TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat anak pada proses menghafal Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis yang didapatkan diketahui bahwa dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, guru menggunakan metode Musyafahah yang dimana dalam pelaksanaannya guru dan siswa secara bersama-sama mengulang-ulang bacaan yang sudah dihafalnya sampai lancar, kemudian menambah hafalan baru dan memberikan laporan perkembangan hafalan murid kepada orangtua secara berkala. Adapun faktor pendukung dalam menghafal surat-surat pendek pada anak usia dini adalah guru selalu mengulang kembali hafalan yang sudah dihafal agar melekat pada otak anak. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah orang tua tidak mengulang kembali hafalan yang sudah di hafal di rumah.
References
Anwar, Khoirul, dan Mufti Hafiyana. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2, no. 2.
Damayanti, Anggraini Widya. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al- Qur’an Hadist di Kelas VII MTs Negeri 1 Seluma. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Hadist Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.
Fitriani, D. (2017). Strategi Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2.
Hasanah, U. (2019). Metode Menghafal Al-Qur'an pada Anak Usia Dini dan Tantangannya. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6, No. 1.
Iskandar, T. (2019). Peran Keluarga dalam Pendidikan Al-Qur'an Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 3.
Mahfudhon, Ulin Nuha. (2017). Jalan Penghafal Al-Qur’an. Jakarta: Elex Media Komputer.
Mansur. (2001). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet 2, Jakarta: Rineka Cipta.
Marinda, Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, Vol. 13, No. 1.
Muchlis M. Hanafi. 2015. Spiritualitas dan Akhlak. Jakarta: Aku Bisa.
Mufidah. 2023. Analisis Kemampuan Menghafal al-Qur’an Anak Melalui Metode Tabarak di Taman kanak-Kanak Plus Qurthuba Makassar.
Mulyani, L. (2021). Problematika Pembelajaran Tajwid pada Anak Usia Dini dalam Menghafal Al-Qur'an. Jurnal Al-Qiraah, Vol. 3, No. 4.
Musfiroh, Tadkiroatun. (20080. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nurdi, Muhammad. (2010). Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurdi, Muhammad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purnomo, Riski Ade. 2021. Proposal Skripsi: Implementasi Pengguaan Makro Media Flash Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi (Membaca) Anak Usia Dini Di TK Rhadatulaneli Bandar Lampung. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Rahman, A., & Fitriani, I. (2018). Kendala dalam Menghafal Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 2.
Robbani, Ahmad Syahid dan Ahmad Muzayyan Haqqy. (2021). Menghafak Al-Qur’an (Metode Problrmatika, dan Solusinya, Sembari Belajar Bahasa Arab). Bandung: Mujahid Press.
Sholihin, Rahmat. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfiz Al-Qur’an di Sekolah Dasar. Vol. 21, no. 2.
Subiyanto. 2019. Globalisasi dan Pendidikan Global. Vol. 15, no.2.
Syamsuddin, Sahiron. (2010). Studi Al-Qur’an Metode dan Konsep. Yogyakarta: eLsaQ Press.
Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Metode Menghafal Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1.
Wiyana, Novan. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.