Empowering Pendidikan Saving Habit (Kebiasaan Menabung) Kaitannya dengan Qur’an Surat Al-Isra Ayat 27 dalam Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif pada Anak Usia Dini
Abstract
Masa anak usia dini, merupakan masa yang paling peka dalam rentang kehidupan manusia, disebut juga golden age (masa keemasan) sehingga membutuhkan perhatian dan konsentrasi besar dari orang-orang di sekitarnya. Masa golden age tersebut, manusia dewasa dalam hal ini orang tua dan guru harus berupaya untuk memberikan pendidikan Saving Habits dan kaitannya dengan QS Al-Isra ayat 27 sebagai upaya pencegahan perilaku konsumtif pada anak usia dini. Penelitian ini menggambarkan upaya empowering pendidikan saving habits, selain itu menggambarkan syarah (penjelasan) QS Al-Isra ayat 27 keterkaitannya dengan saving habits sebagai bagian dari upaya pencegahan perilaku konsumtif pada anak usia dini. Penelitan ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa saving habit dapat menghindarkan anak dari sifat konsumtif dalam hal ini empowering-nya adalah Q.S Al-Isra ayat 27. Dalam kegiatan saving habits, maka dalam hal ini anak diajarkan untuk mampu mengelola keuangannya secara mandiri. anak juga akan terhindar dari prilaku konsumeristik karena untuk mendapatkan sesuatu ia harus bersikap sabar dan tidak terburu-buru untuk memenuhi keinginannya. Dan kaitannya dengan Al-Qur’an ayat 27 adalah bahwa ayat tersebut merupakan empowering-nya, karena Allah Swt tidak menyukai orang-orang yang bersikap boros dalam maksiat kepada Allah dan berlebih-lebihan saat membelanjakan uangnya.
References
Agung, Beni. "Program Edukasi dan Pelatihan Saving Habits pada anak-anak di usia Dini untuk Menghindari Prilaku konsumtif di Masa Depan." 2021: 62.
Andrianopoulos. "Menanamkan sikap bersahaja pada anak usia dini dengan pembiasaan menabung." 1987, 121-135.
Anidah Inayah, dkk. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Prespektif Islam. Edited by M.Ag Dr Aam Saeful Alam. Media Sains, 2022.
Anidah Inayah, dkk. "The Urgence of Religious Education (Islam) in the Family Environment." Attractive: Innovative Education Journal 4 (November 2022): 3.
Anopoulos, Andri. ") Menanamkan Sikap Bersahaja Kepada Anak Usia Dini." 1987.
Arifin, Muhammad. Filsafat Pendidika Islam. n.d.
Arifin, Zaenal. Moralitas Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas. Semarang: Gama Media, 2002.
Artikel. n.d. https://www.djkn.kemenkeu.go.id (accessed Agustus 2023).
Asnawan. "Tanggungjawab Pendidikan Kejiwaan Anak Bagi Orang Tua (Telaah Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan)." (Jurnal Falasifa) 3 (Maret 2012): 5.
Baharits, Adnan Hasan Shalih. Mendidik Anak Laki-Laki, (Terj Syihabuddin). Jakarta: Gema Insani, 2007.
Basyit, Abdul. "Memahami Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam." (Rausyan Fikr) 13 (Maret 2017): 6.
Burhanuddin, Ahmad Atabik dan Ahmad. "Konsep Nasih Ulwan Tentang Pendidikan." Elementary 3 (2015).
Chatib, Munif. Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa, 2013.
Darmalaksana, Wahyudin. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung, 2020.
Darmalaksana, Wahyudin. Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati. Bandung, 2022.
Fathorrahman. "Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam." Tafhim Al-Ilmi, 2019.
Firlianda, Fathya. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prilaku Menabung pada Mahsiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Skripsi UIN Jakarta, 2019, 15.
Ghina Maslihah Muharrom, dkk. "Menanamkan Sikap Bersahaja Pada Anak Usia DIni Dengan Pembiasaan Menabung." Jurnal Pendidikan Early Chilhood 3 (Mei 2019): 4.
H Basri, Saebani. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Halimah. Al-Qur'an Tajwid, Tafsir Terjemah Untuk Wanita. Bandung: Marwah, n.d.
Hartawan, Made. "Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Inovatif." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10 (2022).
Hidaya, Nurman. "Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa." Jurnal Hawa (ejournal iain Bengkulu) 1 (Juni 2020).
Hidayah, R.W. "Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Mahasiswa Putri di Surakarta." (Universitas Muhammadiyah Surakarta) 2015: 2.
KBBI. 2012.
Khaironi, Mulianah. "Pendidikan Karakter Anak Usia Dini." Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi 2 (Desember 2017).
Lidwa Pustaka. "“Kitab Hadits 9 Imam (Kutubut Ti's'ah)." n.d.
Linawati. Penanaman Jiwa Bijak Mengelola Uang Pada Siswa Paud Kelurahan Siwalankerto Surabaya Melalui Kegiatan Service Learning Mata Kuliah Personal FInance. 2015.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajara, 2011.
Muhaimin, dkk. Paradigma Pendiidkan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Mujahid. "Konsep Fitrah Dalam Islam dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam." PAI:Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2005).
Mujib, Muhaimin dan Abdul. Pemikiran Pendidikan Islam. Cet 1. Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Multahada, Asyruni. "KONSEP FITRAH DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI." IAIS Sambas 3 (Januari 2020).
Musrifah. "Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam." (Edukasia Islamika) 1 (2016).
Nuraeni. "Pendidikan KArakter Pada Anak Usia Dini." (Jurnal Paedagogy) 1 (Oktober 2014): 12.
Nurul Lailiya, S. "Pengaruh status sosial ekonomi rumah tangga dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa." Jurnal Pendidikan Ekonomi 12 (2019): 2.
Rahmat Rifai Lubis, dkk. "Teori Fitrah dan Pegembangan Agama Anak." Jurnal Al-Fikru XIII (2019).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukarman. "Kausalitas Anak dan Orang tua: Relevansi Antara Teori Konvergensi dalam Psikologi Pendidikan Barat dengan Teori Fitrah dalam Perspektif Islam." Jurnal wacana Psikologi. UNS 12 (Januari 2020).
Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rajawali Pres, 2014.
Syatriadi. 2018.
Tresna, T. A.J. "Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa FIS UNY pada Klinik Kecantikan." Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2013, 5.
Yasin, Muhammad. Insan yang Suci: Konsep Fitrah Dalam Islam. Bandung: Mizan, 1997.
Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press, 2015.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.