Pengembangan Media Interaktif Tema Binatang di Ra Al-Azhar Palangka Raya
Abstract
Media interaktif menjadi salah satu cara untuk mengembangkan media pembelajaran aktif pada anak. Di zaman yang sudah maju seperti sekarang, guru yang profesional diharapkan dapat memanfaatkan peluang yang ada dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengembangan media interaktif bertema binatang di RA Al-Azhar Palangka Raya, 2) mengetahui kelayakan media interaktif bertema binatang di RA Al-Azhar Palangka Raya. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah ADDIE. Empat tahap pengembangan adalah: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) evaluasi. Sedangkan implementasi tidak digunakan karena tidak ada uji coba. Hasil penelitian pengembangan media interaktif menggunakan model ADDIE. 1) Tahapan pengembangannya ada empat, yaitu: analisis, meliputi analisis kebutuhan, analisis karakter, analisis materi. Perancangan, termasuk pembuatan RPPH, perancangan media interaktif. Pengembangan, meliputi tahapan pembuatan media interaktif. Evaluasi, meliputi ahli materi dan ahli media. 2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 39 dengan total persentase kelayakan sebesar 97,5% termasuk kategori “sangat layak”. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor sebesar 38 dengan total persentase kelayakan sebesar 95% termasuk kategori “sangat layak”. Dari hasil tersebut, pengembangan media interaktif bertema binatang di RA Al-Azhar Palangka Raya direkomendasikan oleh ahli materi dan ahli media layak digunakan sebagai media interaktif untuk anak usia dini.
References
Cahyati, N., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Dalam Pengenalan Kata Bermakna Pada Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 160–170. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339
Dewi, T. K., & Mukhtar, N. (2022). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Perbandingan Pada TK Negeri Pertiwi Dan TK Al Husain Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu). Jurnal Darma Agung, 30(2), 469–486.
Fatma, Aji Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).
Irawati, Nova,. dkk. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online pada masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana, Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2).
Kemendikbud. (2019). Pengembangan Paket Pembelajaran, (021).
Latifah, Sri & Utami, Ardini. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Social Media Schoology. Jurnal Science and Mathematics Education. (ISSN:2615-8639).
Mukhtar Latif dkk. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.2013.
Muhammad, Lalu Gede. 2020. Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Studi Islam, 1(1).
Rahmat, S.T. (2015) Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 7(2) : 196-208.
Seels, Barbara B. & Rita C. Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Washington DC.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan RND). Jakarta:Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.2017.
Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:PT Pustaka Insan Madani. 2012.
TIM Penyusun, 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.IAIN Palangka Raya.
Undang-Undang, Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Untary, B. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenal Nama Binatang Berbasis Game Edukasi, 29.
Wahyuni, S., Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Mengenal Binatang Air Asal Kota Palembang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Menganal Binatang Air Asal Kota Palembang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Skripsi.
Widayati, Sri. Media Pembelajaran PAUD. Bandung:PT Remaja Roda Karya. 2020.
Wijaya Novan Ardi. 2016. Konsep Dasar Paud, Yogyakarta:Gava Media.
Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.