Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik TK Islam Nahdatul Ulama Palangka Raya

  • Randani Randani IAIN Palangka Raya
  • Ali Iskandar Zulkarnain IAIN Palangka Raya
  • Aghnaita Aghnaitaa IAIN Palangka Raya
Keywords: Peningkatan, Motorik Halus, Teknik Mozaik

Abstract

Keterampilan motorik halus merupakan gerakan yang hanya menggunakan otot-otot kecil, misalnya koordinasi tangan-mata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus anak melalui teknik mosaik di TK Islam Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menurut hasil penelitian, perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik mozaik untuk mengkoordinasikan gerakan-gerakan yang kompleks, mengekspresikan diri dalam karya seni dengan menggunakan berbagai media, dan melakukan gerakan-gerakan halus. Indikatornya antara lain: pengendalian gerakan tangan menggunakan. Otot dengan teknik mosaik Keberhasilan perkembangan motorik ditentukan oleh hasil penilaian perkembangan motorik halusnya.Hasil evaluasi adalah: 1 anak Mulai Berkembang (MB), 4 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 3 anak Berkembang Sangat Baik (BSB).

References

Afandi, A. (2019). Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.
Aghnaita, Irmawati, & Paus, M. (2020). Peran Guru dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.816
Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350
Asih, M., Ali, M., & Astuti, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–12.
Aulina, C. N. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press.
Fahruddin, F., Nurhasanah, N., Astin, B. N., & Fitriana, L. R. (2021). Pengembangan Teknik Mozaik Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Islam . Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 36–44. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2878
Fitriani, R. (2018a). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Haidar, D., Patiung, D., Mattemmu, E., Praningrum, W., Bergambar, K., & Garis, M. (2022). Penerapan Metode Menebalkan Garis Putus-Putus Dalam 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 185–193.
Hartinah, U., Mayar, F., & Suryana, D. (2018). Efektivitas Mencetak Percikan Daun Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Suayan. Jurnal Usia Dini, 4(2), 55–66. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12093
Hatmawati, Hidayati, S., Aghnaita, & Oktavia, D. (2022). Implementation Of Eco Print Activities In Stimulating Children’s Fine Motor Development Based On Local Wisdom. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood Education in Multiperspective. https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2022.2339539
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.
Muarifah, A., & Nurkhasanah. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care & Education: JECCE, 2(1), 14–20.
Muharrar, S., & Verayanti, S. (2019). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik. Erlangga.
Nurhalimah Hakiki. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun : Tinjauan Literatur. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 246–252.
Rahmasari, A., Mutiara, A. S., Aghnaita, Afifah, N., & Zulkarnain, A. I. (2023). Pendampingan Kegiatan Menjahit dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 599–604. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.16461
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Alfabeta.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351–358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Yuninigsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 1–7.
Published
2024-05-31
How to Cite
Randani, R., Zulkarnain, A., & Aghnaitaa, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik TK Islam Nahdatul Ulama Palangka Raya. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 211-218. Retrieved from https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/tintaemas/article/view/1169
Section
Articles