Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik TK Islam Nahdatul Ulama Palangka Raya
Abstract
Keterampilan motorik halus merupakan gerakan yang hanya menggunakan otot-otot kecil, misalnya koordinasi tangan-mata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus anak melalui teknik mosaik di TK Islam Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menurut hasil penelitian, perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik mozaik untuk mengkoordinasikan gerakan-gerakan yang kompleks, mengekspresikan diri dalam karya seni dengan menggunakan berbagai media, dan melakukan gerakan-gerakan halus. Indikatornya antara lain: pengendalian gerakan tangan menggunakan. Otot dengan teknik mosaik Keberhasilan perkembangan motorik ditentukan oleh hasil penilaian perkembangan motorik halusnya.Hasil evaluasi adalah: 1 anak Mulai Berkembang (MB), 4 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 3 anak Berkembang Sangat Baik (BSB).
References
Aghnaita, Irmawati, & Paus, M. (2020). Peran Guru dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.816
Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350
Asih, M., Ali, M., & Astuti, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–12.
Aulina, C. N. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press.
Fahruddin, F., Nurhasanah, N., Astin, B. N., & Fitriana, L. R. (2021). Pengembangan Teknik Mozaik Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Islam . Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 36–44. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2878
Fitriani, R. (2018a). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Haidar, D., Patiung, D., Mattemmu, E., Praningrum, W., Bergambar, K., & Garis, M. (2022). Penerapan Metode Menebalkan Garis Putus-Putus Dalam 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 185–193.
Hartinah, U., Mayar, F., & Suryana, D. (2018). Efektivitas Mencetak Percikan Daun Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Suayan. Jurnal Usia Dini, 4(2), 55–66. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12093
Hatmawati, Hidayati, S., Aghnaita, & Oktavia, D. (2022). Implementation Of Eco Print Activities In Stimulating Children’s Fine Motor Development Based On Local Wisdom. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood Education in Multiperspective. https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2022.2339539
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.
Muarifah, A., & Nurkhasanah. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care & Education: JECCE, 2(1), 14–20.
Muharrar, S., & Verayanti, S. (2019). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik. Erlangga.
Nurhalimah Hakiki. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun : Tinjauan Literatur. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 246–252.
Rahmasari, A., Mutiara, A. S., Aghnaita, Afifah, N., & Zulkarnain, A. I. (2023). Pendampingan Kegiatan Menjahit dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 599–604. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.16461
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Alfabeta.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351–358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Yuninigsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 1–7.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.