Pelaksanaan Metode Cerita dalam Pengembangan Sosial Anak Usia Dini
Abstract
Metode Cerita merupakan metode pembelajaran yang sangat penting dilakukan dalam pembelajaran anak usia dini. Dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini untuk mengambangkan sosial anak diantaranya dengan kegiatan bercerita atau mendongeng yang bermuatan kisah-kisah moral dalam pergaulan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sosial anak usia dini di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur, dan mengetahui pelaksanaan metode cerita dalam pengembangan sosial anak usia dini di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menjelaskan mengenai pelaksanaan metode cerita dalam pengembangan sosial anak usia dini di TK Sabillul Huda Marga Mulya Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Kemudian teknik analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan sosial anak sudah berkembang sesuai harapan sesuai dengan indikator pengembangan sosial anak 5-6 tahun diantaranya, mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya dan transportasi), memiliki prilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain, dan memiliki prilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari.
References
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Ciputat: Kencana Prenada Media Group.
Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Pendidikan & Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.
Ibrahim, Andi, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, Muhammad Aswar Ahmad, and Darmawati. 2018. Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.
Izzaty, Rita Eka. 2017. Prilaku Anak Prasekolah (Masalah Dan Cara Menghadapinya). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Katoningsih, Sri. 2021. Ketrampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Maria, Ina, and Eka Rizki Amalia. 2018. “Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun.” Preprint. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/p5gu8.
Nandwijiwa, Vujja, and Prima Aulia. 2020. “Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19” 4: 7.
Nugrahani, farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Risaldi, Sabil. 2020. Bermain, Bercerita, Dan Menyanyi Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Septiawati, Ade, and Revina Rizqiyani. 2020. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial melalui Bermain Balok pada Anal Usia 5-6 Tahun” 1 (1): 15.
Hasanah, U. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 2(2a), Article 2a.
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Permono, H. (2013). Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3994
Sugiyono, Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryana, Dadan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. n.d.
Yofita Rahayu, Aprianti. 2013. Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.