Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama dengan Pendekatan BCCT dalam Membentuk Moralitas di Tk Negeri Pembina Pekalongan

  • Rissa Shofiani Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fira Faradisa Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Pembelajaran Sentra, Sentra Agama, Pendekatan BCCT

Abstract

Sentra agama (Imtaq) merupakan sentra yang mendidik anak untuk mengembangkan nilai moral dan agama sebagai dasar pengenalan agama Islam dan sikap mulia sebagai pengembangan kemampuan spiritual. Sentra agama inilah yang membentuk karakter-karakter Islam dari sentra-sentra yang lainnya. Pada pelaksanaan pembelajaran sentra agama (Imtaq) di TK Negeri Pembina Pekalongan dilakukan dengan cara yang berbeda antara kelompok A dan B. Materi pembelajaran siswa kelompok A hanya penyampaian huruf hijaiyah, dan pada materi siswa kelompok B sudah bervariasi seperti huruf hijaiyah, do’a sehari-hari, dan surat pendek Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran sentra agama di TK Negeri Pembina Pekalongan melalui pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama Kelompok B di TK Negeri Pembina Pekalongan menerapkan tujuh tahap yaitu: (1)  Penataan Lingkungan Main, (2) Penyambutan Anak (3) Main Pembukaan, (4) Transisi 10 Menit, (5) Kegiatan Inti di Tiap-tiap Kelompok, (6) Makan Bekal Bersama, dan (7) Kegiatan Penutup. Problematika dan Solusi dalam Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama terdiri dari (1) Keaktifan Anak, (2) Kreativitas Guru, (3) Sarana dan Prasarana.

References

Ananda, Rizki. (2017). “Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1 Issu 1.
Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Dini, R. A. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini.Obsesi.or.Id.
https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/28
Fatmawati, dkk. (2019). “Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta”. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 2. ISSN:2502-3519.
Hanafi, Zakaria. (2019). Implementasi Metode Sentra dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Hartatik, Yulianti. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Kantin Kejujuran. Malang: Gunung Samudera.
Hayati, Miratul dan Sigit Purnama. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Rajawali Pers.
Iskandar, Harris. (2015). Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Iswantiningtyas, Veny dan Widi Wulansari. (2019). “Penanaman Pendidikan Karakter Pada Model Pembelajaran BCCT”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Nusantara PGRI Kediri. Volume 3 Issue 1.
Kasali, Rhenald. (2019). Sentra. Bandung: Mizan Media Utama.
Kurniasari, N. (n.d.). Center and Circle Time) dalam Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Core.Ac.Uk. Retrieved November 21, 2022, from https://core.ac.uk/download/pdf/334755392.pdf
Latif, Muhammad Abdul. (2019). “Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta”. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Lestari, Ika dan Linda Zakiah. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran, Jakarta: ERZATAMA KARYA ABADI.
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurani, Yuliani (2017). “Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini”. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Rantina, Mahyumi. (2012). “Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa Taman Kanak-kanak Huffazh Payakumbuh”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Raudhah, R. N. (n.d.). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id. Retrieved November 21, 2022, from http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/179
Sopian. (2019). “Manajemen Sarana Dan Prasarana”. In Raudhah Proud To Be Professional : Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol. 4 Issue 2.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Trimuliana, Ifina dkk. (2019). “Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 Issu 2. ISSN 2549-8959.
Usman, Uzer. (2009). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2024-05-31
How to Cite
Shofiani, R., & Faradisa, F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama dengan Pendekatan BCCT dalam Membentuk Moralitas di Tk Negeri Pembina Pekalongan. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 161-172. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v3i1.1130
Section
Articles