Persepsi Guru Terhadap Penataan Ruang Kelas (Indoor) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

  • Anike Septiyohana Karokaro Universitas Negeri Jambi
Keywords: Classroom, Management, Early Childhood

Abstract

Abstract: Classrooms for early childhood are places where learning takes place and help in their development. TK Swasta Stella Maris Jambi is one of the schools for early childhood education. This research aims to find out the teacher's views on classroom arrangement for learning processes. The approach used in this research is qualitative with descriptive research. Data collection was done by questionnaire to teachers. The results of this study show that classrooms for learning processes are declared good in their usefulness, decorations or ornaments in the classroom can affect children in their learning process, starting from number/letter ornaments, animals and flowers, as well as the results of children's creativity. In creating a safe and comfortable classroom, teachers have their own ways that they will apply to children. Based on the conclusion of this study, the management of classrooms at TK Swasta Stella Maris Jambi is said to be good.

 

Abstraksi

Ruang kelas bagi anak usia dini adalah sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran dan sebagai hal yang akan membantu mengembangkan anak. TK Swasta Stella Maris Jambi adalah salah satu sekolah untuk pendidikan anak usia dini. Penelitian yang dilakukan ini berupaya untuk mengetahui pandangan guru akan penataan ruang kelas untuk proses belajar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner kepada guru-guru. Hasil dari penelitian ini adalah ruang kelas untuk proses belajar dinyatakan baik dalam kegunaannya, dekorasi atau hiasan yang ada dalam kelas dapat mempengaruhi anak dalam proses belajarnya, mulai dari hiasan angka/huruf, hewan-hewan dan bunga, juga hasil karya akan kreativitas anak. Dalam menciptakan kelas yang aman dan nyaman, guru-guru memiliki caranya masing-masing yang akan diterapkannya kepada anak-anak. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini adalah pengelolaan ruang kelas pada TK Swasta Stella Maris Jambi dikatakan baik.

References

Baiti, N. 2020. Konsep Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Primearly. Vol 3 (01) : 27-34

Israwati. 2017. Pengelolaan Ruang Kelas Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Serambi Ilmu. Vol. 29 (2) : 119-124
Karokaro, A. S., Sholeha, A., Rahayani, F., & Siregar, M. (2024). Persepsi Guru terhadap Penataan Ruang Kelas (Indoor) untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 89-94.

Ningrum, Y. 2021. Identifikasi Penataan Ruang Kelas yang Digunakan di Taman Kanak-kanak Gugus III Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2 (10) : 83-95

Novitasari,dkk. 2022. Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 (02) : 52-61
Riadil, I. G., Nuraeni, M., & Prakoso, Y. M. (2020). Persepsi guru PAUD terhadap sistem pembelajaran daring melalui whatsapp di masa pandemi covid-19. Paudia, 9(2), 89-110.

Sari, S. 2004. Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Dimensi Interior. Vol. 2 (01) : 22-36

Tambunan, V. R., & Herawati, J. (2023). Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Beringin Permai Kecamatan Sipoholon. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 1(2), 209-216.

Triandriani, M., Noviani,S., Ema,T. 2014. Penataan Ruang Kelas yang Sesuai dengan Aktivitas Belajar Kasus : Paud Kuncup Matahari dan PG / RA Mutiara Bhima Sakti Sidoarjo. Jurnal RUAS. Vol. 12 (01) : 66-75
Published
2024-05-31
How to Cite
Karokaro, A. (2024). Persepsi Guru Terhadap Penataan Ruang Kelas (Indoor) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 237-244. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v3i1.1026
Section
Articles