Literasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis MUI untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Pada UMKM di Kecamatan Trangkil

Literasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis MUI Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Pada UMKM di Kecamatan Trangkil

  • Ahmad Dalhar Muarif ipmafa
  • Ahmad Mutawakkilir Rohman
  • Sakhowatin Kamilah
Keywords: sertifikasi halal, daya saing usaha

Abstract

Banyaknya pelaku usaha UMKM di kecamatan Trangkil merupakan aset yang berharga untuk menggerakkan ekonomi daerah. Tetapi banyaknya pelaku usaha hanya sedikit yang mengetahui dan mendaftarkan produk usahanya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Pengabdian ini adalah literasi dan pendampingan sertifikasi halal gratis untuk meningkatkan daya saing usaha yang bertujuan meningkatnya kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya sertifikasi halal bagi Pelaku usaha untuk peningkatan daya saing serta pelaku usaha mengetahui pendampingan program sertifikasi halal gratis (sehati) dengan skema self-declare untuk UMKM. Metode yang digunakan ABCD (Asset Based Community Development). Aset utamanya Pelaku usaha di desa Kertomulyo dan Guyangan. Hasil pengabdian menunjukkan antusias dari pelaku usaha dengan adanya ada 2 (dua) Pelaku usaha yang mendaftarkan usahanya untuk di sertifikasi halal gratis.

References

Alnashr, M. S., & Nuraini, L. (2022). Penguatan Keterampilan Computational Thinking Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-18. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v1i1.392
Farhan, A. (2018). Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm)(Studi Lppom Mui Provinsi Bengkulu). DOI: http://dx. doi. org/10.29300/mjppm. v3i1, 2340, g1949.
Fithriana, A., & Kusuma, R. P. (2018). Implementasi kebijakan pangan halal Indonesia: Keunggulan kompetitif dalam tren pangan halal di Asia Tenggara. Global Insight Journal, 3(2).
Hakim, M. L., Latifah, U., Solihin, K., & Mu’arif, A. D. (2022, December). Strengthening Financial Literacy for Youth Community and Organisation Throughout Pati Regency. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 425-430). https://icon-uce.com/index.php/icon-uce/article/view/58
Ilham, B. U. (2022). Pendampingan sertifikasi halal self declare pada usaha mikro dan kecil binaan pusat layanan usaha terpadu Sulawesi Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.
INDONESIA, H. C. I. SERTIFIKASI HALAL DI INDONESIA: SEJARAH, PERKEMBANGAN, DAN IMPLEMENTASI. Undang-Undang Republik Indonesia No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU Halal) menyatakan bahwa semua produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikasi halal. Undang-Undang ini mulai diterapkan secara resmi dan bertahap pada 17 Oktober 2019, sejak disahkan pada 17 Oktober 2014. Hal ini merupakan bukti perlindungan pemerintah atas konsumen muslim sekaligus, 68.
Miskiyyah, M., & Muarif, A. D. (2022). THE ROLE OF PRODUCT KNOWLEDGE, LIFESTYLE, AND HALAL AWARENESS IN SHOPPING INTENTIONS TO BUY HALAL PRODUCTS. JIEM: Journal of Islamic enterpreneurship and Management, 2(1). https://www.e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/jiem/article/view/8413
Muarif, A. D., & Saifudin, S. (2022). Analisis Persepsi Nasabah terhadap Merger Bank Syariah Indonesia. JIOSE: Journal of Indonesian Sharia Economics, 1(2), 121-138. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/jiose.v1i2.498
Muarif, A. D., Asmani, J. M. M., Ni'am, M. M., & Abdillah, S. (2022). Productive Economic Da’wah of KH. MA. Sahal Mahfudh. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 151-170. https://doi.org/10.35878/santri.v3i2.545
Nur, F. (2021). Jaminan Produk Halal Di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal, 1(1), 43-54.
Pardiansyah, E., & Abduh, M. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101-110.
Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang jaminan produk halal.
Rahayuningsih, E., & Ghozali, M. L. (2021). Sertifikasi produk halal dalam perspektif Mashlahah Mursalah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 135-145.
Tahliani, H. (2023). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Syar'ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6(1), 1-12.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal
Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98-112.
Published
2023-12-24
How to Cite
Muarif, A., Rohman, A., & Kamilah, S. (2023). Literasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis MUI untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Pada UMKM di Kecamatan Trangkil. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133 - 148. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v2i2.908
Section
Articles