Gerakan Mengajar yang Membahagiakan melalui Safari Inspirasi di SDN Patuk 2 Gunungkidul

  • M. Afiqul Adib Universitas Islam Lamongan
Keywords: Gerakan Mengajar, Literasi, Safari Inspirasi

Abstract

Permasalahan pendidikan di Indonesia amat kompleks. Salah satunya adalah kurangnya literasi dan pembelajaran yang kurang membahagiakan. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perlu bantuan semua kalangan. Termasuk akademisi atau mahasiswa yang merupakan kaum intelektual. Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, jurusan PAI Angkatan 2015 berinisiasi membuat sebuah gerakan yang bertujuan memberikan dampak pada pendidikan. Kegiatan ini dinamai Safari Inspirasi, yakni gerakan sehari memberi inspirasi kepada anak setingkat sekolah dasar dan berfokus pada pembelajaran yang menyenangkan, pemberian motivasi, penguatan literasi dan pentingnya mempunyai cita-cita. Metode yang digunakan adalah PLA (Participatory Learning and Action). Kegiatan ini dilakukan di SDN Patuk 2, Gunungkidul. Gerakan ini hampir sama dengan Merdeka Belajar yang punya tujuan agar mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan interpersonal sekaligus mendapatkan pengalaman mengajar.

References

Bangun, A. A. R., Sihombing, D. I., Manik, E., Ginting, K., & Julius. (2022). Penguatan Literasi dan Numerasi pada Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri 047176 Sirumbia. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Fadhli, M. (2016). Memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Mengajar. Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Issom, F. L., & Aprilia, F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Stres Kerja Pada Pengajar Muda Di Gerakan Indonesia Mengajar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(1).
Nuryanto, S. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2).
Prayitno, M. A. (2021). Implementasi Metode Tutor Sebaya. Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol, 6(1).
Purnamasari, A. P., & La Kahija, Y. F. (2018). Mengajar Sembari Belajar: Sebuah Interpretative Phenomenological Analysis tentang Pengalaman Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar. Jurnal EMPATI, 7(3).
Putri, F. K. A., Amalia, I. K., & Hakim, M. L. (2022). Gerakan Remaja Hebat untuk Penanganan Anak Tidak Sekolah. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Renaldy, A., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Kampus Mengajar 3. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6).
Setiawan, A., Maziyya, N. A., Jannah, E. L. N., & Khoiriyah, N. (2022). Peningkatan Budaya Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Komunitas Peduli Membaca. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Setriani, L. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2).
Published
2023-06-29
How to Cite
Adib, M. A. (2023). Gerakan Mengajar yang Membahagiakan melalui Safari Inspirasi di SDN Patuk 2 Gunungkidul. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55-62. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v2i1.789
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)