Gerakan Mengajar yang Membahagiakan melalui Safari Inspirasi di SDN Patuk 2 Gunungkidul
Abstract
Permasalahan pendidikan di Indonesia amat kompleks. Salah satunya adalah kurangnya literasi dan pembelajaran yang kurang membahagiakan. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perlu bantuan semua kalangan. Termasuk akademisi atau mahasiswa yang merupakan kaum intelektual. Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, jurusan PAI Angkatan 2015 berinisiasi membuat sebuah gerakan yang bertujuan memberikan dampak pada pendidikan. Kegiatan ini dinamai Safari Inspirasi, yakni gerakan sehari memberi inspirasi kepada anak setingkat sekolah dasar dan berfokus pada pembelajaran yang menyenangkan, pemberian motivasi, penguatan literasi dan pentingnya mempunyai cita-cita. Metode yang digunakan adalah PLA (Participatory Learning and Action). Kegiatan ini dilakukan di SDN Patuk 2, Gunungkidul. Gerakan ini hampir sama dengan Merdeka Belajar yang punya tujuan agar mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan interpersonal sekaligus mendapatkan pengalaman mengajar.
References
Fadhli, M. (2016). Memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Mengajar. Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Issom, F. L., & Aprilia, F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Stres Kerja Pada Pengajar Muda Di Gerakan Indonesia Mengajar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(1).
Nuryanto, S. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2).
Prayitno, M. A. (2021). Implementasi Metode Tutor Sebaya. Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol, 6(1).
Purnamasari, A. P., & La Kahija, Y. F. (2018). Mengajar Sembari Belajar: Sebuah Interpretative Phenomenological Analysis tentang Pengalaman Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar. Jurnal EMPATI, 7(3).
Putri, F. K. A., Amalia, I. K., & Hakim, M. L. (2022). Gerakan Remaja Hebat untuk Penanganan Anak Tidak Sekolah. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Renaldy, A., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Kampus Mengajar 3. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6).
Setiawan, A., Maziyya, N. A., Jannah, E. L. N., & Khoiriyah, N. (2022). Peningkatan Budaya Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Komunitas Peduli Membaca. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Setriani, L. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.