Peningkatan Budaya Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Komunitas Peduli Membaca
Abstract
Literasi bagi anak sekolah dasar merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan dan keberhasilan dimasa depan. Pembuatan komunitas mempunyai tujuan untuk meningkatkan budaya literasi anak sekolah dasar di Desa Ngemplak Kidul. Metode pengabdian mahasiswa yang digunakan adalah PLA (Participatory Learning and Action). Kegiatan ini juga bermitra dengan IPNU dan IPPNU Ngemplak Kidul, dan PMII Komisariat Syeh Mutamakin. Kegiatan pengabdian ini mendorong terbentuknya komunitas bernama KOMPIM. Harapannya kedepan KOMPIM dapat menjadi sebuah komunitas yang mampu memfasilitasi anak sekolah dasar untuk berkembang lewat dunia literasi.
References
Cahyono, Habib. “PERAN MAHASISWA DI MASYARAKAT.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 2019: 33.
Darmawan, Dadan, and Ila Rosmilawati. “Participatory Learning And Action (PLA) pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol. 3. No. 1, 2020.
Diana., Reecha. Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Metode PLA (Partipatory Learning and Action) . 25 April 2022. https://rumahsosiologi.com/e-resources/penelitian/96-pemberdayaan-masyarakat-desa-dengan-pembelajaran-pembuatan-cocopeat.
Iis Basyiroh. “PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI (Studi Kasus Best Practice Pembelajaran Literasi Di TK Negeri Centeh Kota Bandung).” Tunas Siliwangi Journal Bandung Vol.3, No.2, OKtober 2017.
Indah Wijaya Antasari. “ Dukungan Orang Tua dalam Membangun Literasi Anak.” Edulib, Volume 6 No. 2 Nopember, 2016.
kusnandar, Viva budi. databooks.katadata. 6 January 2022. https://databoks.katadata.co.id/ (diakses June 11, 2022).
Muslim, Aziz. Dasar-dasar Pengembangan Masyarakat. Yogyakarta: Samudra Biru, 2012 .
Rohman, Syaifur. “Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah.” Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4 Nomor 1 , 2017.
Widodo. “Evaluasi partisipasi masyarakat pada pembangunan infrastruktur dalam konteks pemberdayaan masyarakat.” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2018
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.