Pembuatan Boneka Puppet sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Taman Kanak-Kanak
Abstract
Profesioanlitas dan kreativitas guru memegang peran penting dalam pembelajaran. Bentuk penerapan kreatifitas dalam pembelajaran misalnya melalui penggunaan media yang beragam. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kreativitas guru dalam membuat dan menggunakan media Puppet untuk pembelajaran di TK Muslimat NU Tarbiyatul Athfal II Desa Panggang Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Pengabdian ini memanfaatkan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan aset berupa kain perca yang banyak sehingga harus dimanfaatkan menjadi barang yang berguna. Guru juga menjadi aset berharga yang harus terus dikembangkan kreativitasnya. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yakni meningkatnya kreativitas 14 guru TK Muslimat NU dalam membuat dan menggunakan boneka Puppet untuk pembelajaran. Produk dari pengabdian berupa media puppet sebagai media story telling sehingga menjadikan pembelajaran di TK Muslimat NU Tarbiyatul Athfal II panggang menjadi lebih menyenangkan.
References
Andriyani, S. dkk. (2018). Pendampingan English For Tourism Berbasis Multimeda Di Smk Pariwisata Al-Hidayah Langon Jepara. ACCE: Annual Conference on Community Engagement
Anthony, E. M. (1963). Approach, Method, and Technique. English Learning 17: 63- 67. Ann Arbor: University of Michigan Press
Badrun, P., & Putra, M. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Hand PuppetTerhadap Kemampuan Berbahasa Anak Pra-Sekolah. Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.698
Ginting, F. M., Mursid, R., & Mukhtar. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Kemampuan Menulis Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16937
Hairunisya, N. & Subiyantoro, H. (2017). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Kepada Pengusaha Umkm Di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat). Volume 5, Nomor 1, 35 – 45. E-ISSN: 2613-9103.
Irvan, M. F., Agry, F. P., & Habibullah, H. (2021). Pengembangan Media Kartu Remi Pancasila “Rensla” untuk Meningkatkan Civic Literacy Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.259
Mariana, S., & Zubaidah, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul. Jurnal Prima Edukasia, 3(2).
Ningrum, A. M., Sayekti, T., & Kusumawardani, R. (2021). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-02
Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodolgy: A Textbook for Teachers. London: Prentice Hall.
Prianggita, V., & Sartika, N. (2018). Pelatihan Membuat Boneka Jari Bagi Ibu-Ibu POMG TKIT Irsyadul Ibad Pandeglang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 99-103. https://doi.org/10.30653/002.201831.53
Selasi, D., dkk. (2021). Pendekatan ABCD (Asset Based Communitty Development): Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin di Desa marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2), p. 176-188. ISSN 2746-7015. doi:https://doi.org/10.47453/etos.v3i2.532.
Sinamo, J. (2010). 8 Etos Keguruan. Jakarta: Institut Darma Mahardika
Solihin, I. (2007). Memahami Business Plan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Tim Penyusun. (2021), Pedoman pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Mitra. Jepara: LPPM UNISNU Jepara.
Zaenal, U. (2010). Bukan Guru Umar Bakrie, Menjadi guru Cerdas Finansial. Jakarta: Gramedia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.