Inovasi Media Pembelajaran Literacy Board Srikandi sebagai Upaya Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Data KPAI menunjukkan 67% tindakan kekerasan terjadi di jenjang sekolah dasar. Tingginya kasus kekerasan ini memperlihatkan betapa pentingnya penanaman karakter sejak dini. Perlu adanya media inovatif agar karakter anak dapat terbentuk dengan baik sesuai profil pelajar pancasila. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan kontribusi pada guru sekolah dasar dalam membangun karakter siswa berprofil pancasila melalui inovasi media pembelajaran berbasis budaya lokal. Mitra program PKM ini merupakan lembaga pendidikan Sekolah Dasar yaitu SDIU Fadlun Nafis Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi tahap: (1) sosialisasi, (2) pelatihan, (3) pendampingan dan (4) evaluasi (keberlanjutan). Hasil PKM ini menunjukkan bahwa mitra berperan aktif dalam pembuatan media pembelajaran berbasis budaya lokal yaitu literacy board srikandi berbentuk permainan monopoli yang diintegrasikan dengan tokoh tiga ratu Jepara dengan nilai-nilai keteladanan tokoh yang dapat dijadikan sarana membangun karakter siswa berprofil pelajar pancasila. Selanjutnya dilakukan pendampingan praktik implementasi media literacy board srikandi di sekolah mitra yang menunjukkan keaktifan siswa belajar serta menjawab pertanyaan.
References
Dian. (2021, October 6). Perundungan Bocah SD di Jepara, Begini Faktanya. Https://News.Detik.Com/Berita-Jawa-Tengah/d-5769611.
Ghazali, A. S. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Hamid. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG , 207–218.
Hamidaturrohmah. (2020). Implementasi Pembelajaran Dengan Konsep Ramah Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara, 132–140.
Irmaningsih, Tika. 2020. Pengembangan Media Permainan Monopoli Dalam Model pembelajaran scramble Untuk Mupel Bahasa Indonesia kelas II SDN Kedungpane 02 Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2013.
Melisa I. F, dkk. 2019. Pengembangan Media Permainan Monaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Multikultural pada Anak Usia Tahun 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan dasar Edu Humaniora. Vol. 11 No 2. Juli.
Mostowfi, S., Mamaghani, N. K., & Khorramar, M. (2016). Designing playful learning by using educational board game for children in the age range of 7-12: (A case study: Recycling and waste separation education board game). International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5453–5476. https://doi.org/10.1001/archsurg.2010.28-a
Muhammadi, dkk. 2018. Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. Jurnal Litera, Volume 17, Nomor 2.
Pebriyanti. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Semnas Bulan Bahasa , 93–98.
Saddhono, K. dan Slamet, St.Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sugiarti, Hidayah B Q. 2019. Tokoh Perempuan dalam Ratu Kalinyamat karya Murtadho Hadi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Volume 19, Nomor 1.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.