Teacher Training untuk Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah pada Pembelajaran Dalam Jaringan
Abstract
Salah satu bentuk perubahan dalam dunia pendidikan pasca pandemi Covid-19 adalah diberlakukannya sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). Guru sebagai salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran dalam jaringan harus memiliki banyak kemampuan dan keterampilan serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan aplikasi pembelajaran. Untuk memberikan bekal dan pemahaman tentang aplikasi pembelajaran tersebut, dibutuhkan pelatihan khusus guru atau Teacher Training. Pelaksanaan pelatihan guru akan meningkatkan kemampuan para guru dalam penguasaan teknologi pembelajaran, khususnya di masa pandemi saat ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran dalam jaringan. Adapun metodologi dalam kegiatan ini menggunakan pendekatan Partisipatory Action Research (PAR) yang menitikberatkan pada partisipasi, aksi dan riset. Kegiatan ini diikuti seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo berjumlah 20 0rang. Dari hasil kegiatan pelatihan guru atau Teacher Training ini, sebanyak 80% peserta atau 16 guru memahami dan menguasai aplikasi pembelajaran daring dengan baik. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Wegil kecamatan Sukolilo kabupaten Pati.
References
Alfahrisy, S. (2012). Pengertian Definisi Analisis, http://mediainformasi.blogspot.com/ 2021/04/pengertian-definisi analisis.html, diakses pada 5 Juli 2021.
Agus, A. dkk. (2014). Modul Participatory Action Research (PAR), Surabaya: LPPM IAIN Sunan Ampel
Agus, S. (2007). Indonesia Belajarlah !, Yogyakata: Tiara Wacana
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: konsep dan Aplikasi, Bandung: Reflika Aditama
Koentjaraningrat. (1990). Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Marwati & Maya. (2021). Pemanfaatan Sumber Belajar. http://mayamawan.wordprees.com/tag/ apa-saja/, diakses pada 1 Juli 2021.
Meitaningrum, D.A., Harjanto, I., & Siswidianto. (2013). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP) Jurusan Administrasi Publik Volume 1, Nomor 3
Muhamad, D. (2020). Efektifitas Pendidikan dan Pelatihan Guru: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran, Jurnal Sipatokkong, volume 1, nomor 1, 30-44
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Stephen, P. R., & Judge, T. A. (2014). Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat
Riyanto, B. (2001). Perancangan Aplikasi M-Learning Berbasis Java. Bandung: STEI-ITB.
Rosyasa, D. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru, UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, www.uinjkt, diakses Desember 2021.
Suradika, A., & Wicaksono, D. (2019). Metode Penelitian. Jakarta: UM Jakarta Press
Subroto, S. (1997). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Wahono, R. S. (2022). Pengantar E-learning dan Pengembangannya. www.ilmukomputer.org, diakses pada 3 Januari 2022.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.