Peningkatan Kesadaran Studi Lanjut Masyarakat Perantau melalui Seminar Pendidikan
Abstract
This community service program aims to provide a deeper understanding of the importance of continuing higher education. This activity is in the form of a seminar on the importance of raising awareness among the youth of Padike Village, the majority of whom are migrants, about the urgency of continuing their education to college. The PkM collaboration of five campuses, namely IAIN Madura, UINSA, UINSUKA, Annuqoyah University, and UIM Pamekasan, has achieved quite good results. This activity uses the Participatory Action Research (PAR) method. The results are in the form of an increase in the perception of the importance of college from 21% to 89%. This data indicates that the seminar was successful in increasing participants' awareness and interest in higher education, and had a significant positive impact in changing their attitudes towards the importance of continuing their education to a higher level.
References
Paradigma, 2001), hal 273-274
Mudrikah, Saringatun, Dasep Bayu Ahyar, Septina Lisdayanti, Moh Mul Akbar Eta
Parera, Theofilus Acai Ndorang, Kd Devi Kalfika Anggria Wardani, Merri Natalia Siahaan et al. Inovasi pembelajaran di abad 21. Pradina Pustaka, 2022.
Norman K. Denzin dan Yvonmas S. Linclon, Handbook of Qualitative Reseach,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), hal 422
Pratiwi, Ari, Alies Poetri Lintangsari, Ulfah Fatmala Rizky, and Unita Werdi
Rahajeng. Disabilitas dan pendidikan inklusif di perguruan tinggi. Universitas Brawijaya Press, 2018.
Rofianto, Roni. "PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK
WISATA PANTAI PONJUK DESA PADIKE KECAMATAN TALANGO KABUPATEN SUMENEP." In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 1, no. 1, pp. 748-753. 2024.
Sutrisno, Tri, Liana Putri Kartika Dewi, Nurul Yatima, Robit Sobaro, and Moh Ibrahim
Arizal. "PELATIHAN PEMBUATAN CILOK SEBAGAI CAMILAN ANAK DALAM MENINGKATKAN SUMBER PENDAPATAN MASYARAKAT DESA PADIKE KAB. SUMENEP-MADURA." GHIRAH: Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Komunitas 3, no. 1 (2024): 146-156.
Wood, Lesley. Participatory action learning and action research: Theory, practice and
process. Routledge, 2019.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.