Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media VBSC untuk Meningkatkan Penalaran Siswa SD/MI

  • Hela Dhera Antafani Mahasiswa
  • Kartika Yuni Purwanti Universitas Ngudi Waluyo Semarang
Keywords: Think Pair Share, Media Video Based-Core, Penalaran Siswa, Volume Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core untuk meningkatkan kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan Desain pretest- posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara,angket kemampuan penalaran. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas,uji independent sampel t test, uji paired sample test, uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core terhadap kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan taraf siginfikansi 0,000 < 0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Errorr Mean kelas kontrol yaitu 0,641 > 0,625 sehingga Ha dapat diterima (2) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core terhadap kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan signifikasi < 0,05, yaitu 0,02 < 0,05, dan 0,000 < 0,05 dan (3) Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan taraf siginfikansi 0,000 < 0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Errorr Mean kelas kontrol yaitu 0,641 > 0,625.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Alis, Rantau. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share. Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif 1.1 62-80.
Berasa, Darmawanty. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru 4.(3) 823-832.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Fadlah, F. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share di kelas V SD. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 2(1).
Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223-231.
Isjoni. (2010). Cooperatif Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Joyce, B., Weil, M., and Calhoun, E. (2009). Models of Theaching: Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kurnia Putri, C. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri Glagahan Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharma Yogyakarta.
Lestari, A. P.(2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2), 1-9.
Lestari Harahap, Ria, Yulia Pratiwi Siregar, and Roslian Lubis. (2020) Efektivitas Penggunaan Modelpembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 3.1 (87-96).
Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27-30.
Maut, Wa Ode Arini. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 8 TONGKUNO. Gema Pendidikan 27.1 (42-49).
Nasution, K. Pengemasan Materi Pembelajaran Tari Wira Pertiwi Berbasis Powerpoint Stand Alone Untuk Sekolah Menengah Atas. Gesture: Jurnal Seni Tari, 9(2), 185-194.
Nurastuti, (2007). Teknik Pengumpulan Data. Jakarta: Bumi Aksara.
Noerantika, Rera, and Habibatul Latifah. (2019). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 1 Boyolangu. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika 4.1 (29-34).
Noor, Nuralim, and Imam Munandar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 11.1 (65-75).
Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, E. Robert. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Subarinah,Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsya, Cici Veronika, and Syafri Ahmad. (2020). Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai 4.2 1374-1388.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2009). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Utaminingsih, Retno, and Dyan Asih Pratiwi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3.1 290-296.
Wahyuni, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Metro Pusat. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universita Lampung.
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597-602.
Published
2021-08-30
How to Cite
Antafani, H., & Purwanti, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media VBSC untuk Meningkatkan Penalaran Siswa SD/MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 149-162. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.299
Section
Article